Alangkah Mengerikannya… 4 Pertanyaan Sulit yang Bisa Mengubah Hidup Anda

Seringkali kami menerima email, tanggapan atau komen yang bunyinya kurang lebih senada dengan email di bawah ini :

“Untuk saya bisa membeli properti seperti yang pa Joe Hartanto jelaskan tidak semudah itu pa… untuk bank mau mendanai, bank melihat juga apakah kita punya sumber penghasilan yang cukup buat membayar angsuran… boro2 beli properti yang milyaran, buat nabung aja susah”

Isi nya 100 % tepat…. dan 100 % tepat juga menggambarkan kenapa pengirimnya ini tetap (maaf) masih wajib menjalani kehidupan yang “mungkin” sebenarnya bukan kehidupan yang diinginkan atau di desain nya.

Kami bukan bermaksud meng”hakimi” para pengirim email atau komen senada tersebut, tetapi kami tergelitik untuk membahas bagaimana seharusnya pola pikir yang lebih tepat dan kemudian membagikannya, agar Anda bisa mendapatkan insight atau pembelajaran dari sebuah pola pikir yang seharusnya saat Anda ingin jalani kehidupan lebih baik.

Nah, mari kita melihat lebih dalam, bagaimana cara berpikir yang lebih tepatnya :

1) Akui dan Sadari

Saat anda tahu dan sedang mengalami sesuatu .. akui dan sadari saja, bahwa itu memang “REALITAS” (Kenyataan Hidup) Anda saat itu.

Selanjutnya, apakah Anda ingin menciptakan REALITAS yang BERBEDA?

Jika Anda ingin mengubahnya di masa depan, tentu Anda harus TAHU dan mau MENJALANI sesuatu yang BERBEDA pula di saat ini bukan?

Untuk itu, mulailah dengan bertanya pada diri Anda:

Adakah yang SAYA BELUM TAHU yang bisa saya pelajari saat ini, untuk mengubah realitas saya di masa depan? Dan bersediakah saya untuk melakukannya apapun konsekewensinya?

2) Sadari Respon Anda

Apa biasanya respon Anda setiap kali mendengar sebuah ide atau nasehat atau masukan, yang Anda pikir TIDAK MUDAH untuk menjalaninya?

Merasa TERTANTANG dan berusaha MEWUJUDKANnya dalam realitas hidup Anda?

ATAU… Menyerah? Dengan berpikir, ahhh itu bukan untuk saya…

Tahukah Anda bahwa memilih untuk menyerah, memang tampaknya ‘LEBIH MUDAH” dalam jangka pendek. Tetapi sesungguhnya,  JAUH LEBIH SULIT dan MENYULITKAN Anda sendiri di kemudian hari.

4 Pertanyaan Sulit yang Bisa Mengubah Hidup Anda

Kenyataan kadang sulit dihadapi, tetapi untuk bisa benar-benar mengubah hidup, kita harus berani menghadapi kenyataan, walaupun pahit.

Oleh sebab itu, mari bahas beberapa situasi dibawah ini… Silakan jawab dengan sejujurnya di dalam hati Anda….

Mana lebih sulit, menunggu gajian setiap bulan yang hanya cukup untuk hidup seadanya?

ATAU menjalani kehidupan yang telah anda desain sendiri sebelumnya?

Mana lebih sulit, hidup dibawah kontrol dan kendali orang lain?

ATAU memiliki kebebasan untuk melakukan hal apapun yang Anda inginkan saat Anda menjalani hari hari kehidupan Anda?

Mana lebih sulit, bekerja bersama orang orang yang “terpaksa” harus Anda sukai minimal 8 jam sehari plus kalau kantor Anda di Jakarta, Anda harus siapkan waktu tambahan minimal 4-5 jam perharinya untuk bermacet macet dalam perjalanan…

ATAU miliki kebebasan untuk nikmati hari hari bersama orang orang terdekat dan yang memang benar benar Anda sukai?

Mana lebih sulit, hidup menjalani masa tua dipenuhi dengan segala stress dan kekuatiran mengenai keuangan serta dijatah setiap bulan oleh anak Anda sehingga akhirnya berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik Anda?

ATAU nikmati dan jalani masa menua Anda dengan penuh vitalitas dan kesehatan mental serta fisik yang prima, karena Anda mapan dan mandiri secara keuangan karena kontrolnya di tangan Anda sendiri.

Pertanyaan pertanyaan diatas, mengingatkan kami, sebuah kalimat dari seorang penulis, jurnalis, photografer kenamaan di Indonesia Seno Gumira Ajidarma.

alangkah mengerikannya

Alangkah mengerikannya……………….

Menjadi tua, dengan kenangan masa muda yang hanya berisi kemacetan jalan, ketakutan datang terlambat ke kantor, tugas tugas rutin yang tidak menggugah semangat, dan kehidupan seperti mesin, yang hanya akan berakhir dengan pensiun tidak seberapa”

Bertahun tahun lalu, saat kami sedang mengalami kebangkrutan, saya (Joe) sendiri yang tadinya sebagai seorang profesional menengah yang cukup mapan dan berpenghasilan yang lumayan saat itu, tiba tiba harus hadapi realitas hidup, tidak memiliki pekerjaan dan tidak ada penghasilan tetap, serta “dipaksa” untuk memiliki “hutang”.

Walaupun awalnya sempat strees berat, depresi, paranoid, minder, merasa kehilangan harapan…..Tetapi, segera di saat kami sadar, bahwa kami sebenarnya BISA dan BERHAK menentukan nasib kami ke depannya.

Saat itu juga kami memilih untuk secepatnya mempelajari dan mempraktekkan berbagai “jalan baru” yang tampaknya saat itu, TIDAK MUDAH.. SANGAT MENANTANG….. demi untuk menguasai ilmu serta memiliki kemampuan yang dapat dipakai seumur hidup dan hasilnya juga bisa dinikmati seumur hidup.

Sehingga saat ini kami sudah tidak perlu lagi menghadapi situasi mengerikan, seperti yang Seno Gumira Ajidarma katakan diatas.

Saat ini, kami juga jadi teringat sebuah kalimat inspiratif dari salah satu aktor terkenal Hollywood bahwa “Kita semua, menciptakan realitas kehidupan kita sendiri, dengan keputusan keputusan yang kita buat”

*Cuba Gooding adalah salah satu aktor sukses Hollywood yang pernah memenangkan salah satu penghargaan Academy Award

So, teman…berusahalah untuk selalu sadar dan pelajari ide-ide baru untuk tingkatkan cara berpikir Anda.

Sadari bahwa setiap saat Anda sedang mengambil sebuah keputusan, Anda sedang menciptakan realitas kehidupan Anda di masa depan.

Salam Sukses Berkelimpahan,
Joe Hartanto & Tju Wei Wei

  • Founder of TheKeytoFinancialFreedom.com
  • Founder of PropertyCASHMachine.com

Tingkatkan WEALTH Mindset Anda dan Memulai Investasi Properti yang Cerdas dengan Property Cash Machine E-Learning.

Raih Kebebasan Keuangan dan Waktu melalui Investasi Properti Tanpa Modal dengan ikuti sesi training & konsultasi di Workshop Property Cash Machine.

Joe Hartanto