Hati Hati! … Kesalahan Fatal Utama

Sahabat sekalian, dari apa yang saya pelajari selama ini, dari pengalaman saya sendiri, belajar dari para mentor sukses lainnya, dari pengalaman membimbing para sahabat alumni PCM workshop, maupun sahabat seminar lainnya, saya menemukan satu kesalahan fatal utama yang sering sekali dilakukan oleh para sahabat yang ingin sukses mengikuti jejak saya dan para sahabat alumni PCM yang telah sukses menjalankan strategi investasi properti ala PropertyCashMachine sistem, maupun sahabat2 yang sukses di bidang lainnya.

Kesalahan Fatal Utama tersebut adalah, tidak dimilikinya alasan yang kuat untuk mencapai impian, target atau goal yang jelas dan spesifik oleh seseorang yang ingin memulai proses perjalanannya menuju kesuksesan baik di bidang investasi properti, maupun dibidang bidang lainnya.

Seperti seseorang yang ingin melakukan perjalanan ke suatu tempat atau lokasi tertentu, orang tersebut sebelum memulai perjalanannya, harus tahu dulu apa alasannya pergi ke tempat atau lokasi yang ingin dituju.

Adalah sangat konyol dan “stupid” apabila seseorang pergi keluar rumah, memulai suatu perjalanan, tapi dia sendiri tidak tahu  tempat atau lokasi yang mau dituju dan bahkan alasannya dia menuju ke tempat tersebut. Bila seseorang pergi keluar rumah tanpa tahu alasan dan tujuannya, tentunya dia hanya akan berputar putar, menghabiskan waktu, biaya dan energi, dan tidak akan sampai kemana mana bukan?

Hati Hati! Kesalahan Fatal Utama - 1

Sementara itu seseorang yang sebelum keluar rumah sudah memiliki alasan yang kuat serta tujuan yang jelas, dia akan bisa memutuskan berapa lama dia ingin sampai di tempat tujuannya itu? 1 jam? 2 jam? 3 jam? Atau sehari? Atau sebulan? Atau setahun?

Untuk itu dia tentunya akan memutuskan kendaraan apa yang akan digunakannya? Pesawat? Kapal laut? Kereta api? Mobil? Sepeda motor? Sepeda? Atau malah jalan kaki?

Dan kemudian dia juga akan memutuskan berapa besar biaya yang harus disediakan? Perbekalan apa saja dan berapa banyak yang dibutuhkan selama perjalanan?

Dan tak lupa, apa yang akan dia lakukan ketika dia sampai di tempat tujuannya? Apakah akan berdiam dan menikmati suasana di temapat tujuannya tersebut? Atau malah kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat tempat tujuan berikutnya?

Seperti yang saya dan istri saya lakukan sejak 2-3 bulan yang lalu, kami memutuskan untuk kembali melakukan perjalanan ke US di tahun ini, alasan kuat kami adalah untuk belajar dan memperdalam pengetahuan kami tentang investasi dan hal yang berhubungan dengan keuangan, serta sekaligus berjalan-jalan tentunya….hehehe.

Kami sudah mulai melakukan pendaftaran seminarnya sejak akhir tahun lalu, melakukan pemesanan tiket pesawat, hotel dan transportasi selama di sana, dan tentunya apa saja yang akan kami lakukan selama di sana berikut berbagai tempat yang akan kami kunjungi.

Dan tak lupa pula kami memutuskan, berapa lama kami akan tinggal di sana untuk kemudian melakukan perjalanan kembali ke Jakarta.

Dan jika perjalanan ke US untuk mengikuti seminar ini adalah sebuah tujuan, goal atau impian, ini adalah sebuah impian dengan alasan kuat, yang telah kami tetapkan dengan jelas sejak setahun sebelumnya, di awal tahun lalu 2012, apa seminarnya, siapa pembicaranya, dimana kotanya, kapan waktu penyelenggaraannya.

Saat ini kami menjalani goal dan impian yang kami tetapkan setahun yang lalu dan bahkan artikel ini saya publish LIVE FROM USA. Nih mejeng dulu, dimana saya berfoto di tempat yang jadi impian saya sejak lama yaitu Mammoth Lake, yang banyak terdapat ski resort.

Joe at Mammoth Lakes- USA

Joe at Mammoth Lakes- USA

Tetapi walaupun perjalanan ke US ini masih sedang berlangsung, kami sudah membuat impian perjalanan kami yang selanjutnya.

Jika sebuah perjalanan ke sebuah kota atau negara saja memerlukan alasan yang kuat serta tujuan atau goal yang jelas sejak beberapa bulan atau tahun sebelumnya, tentunya hal yang sama berlaku pula untuk  alasan serta tujuan atau goal kita dalam hal keuangan, kemakmuran yang ingin kita capai.

Berapa banyak uang atau penghasilan yang ingin kita dapatkan? Berapa lama? Bagaimana caranya? Dan ingat yang terpenting adalah, apa alasan utama kita harus mencapai atau mewujudkannya?

Untuk memperjelasnya Anda bisa baca lagi tulisan saya sebelumnya yang berjudul Kapan saat yang tepat Anda bisa “pecat” boss Anda?” dan  “Hmmm, apa ya cita cita atau IMPIAN saya??”.

Hati Hati! Kesalahan Fatal Utama - 2

So, untuk itu segeralah tanyakan pada diri Anda sendiri, apa ALASAN KUAT Anda untuk sukses dalam hal keuangan? Apa ALASAN KUAT Anda untuk mengikuti jejak saya dan sahabat alumni PCM lainnya? Kenapa Anda harus berhasil? Kalau Anda tidak berhasil, apa resikonya bagi Anda dan orang orang yang Anda cintai? Dll.

Ayooo…. tentukan ALASAN KUAT Anda untuk sukses, dan silakan sharingkan di kolom komentar di bawah ini.

Salam Sukses Berkelimpahan

Joe Hartanto

Join our new PCM E-Learning

@ http://propertycashmachine.com/elearning

And

Join our training & coaching session

@ www.PropertyCashMachine.com

“Tempatnya belajar cara cerdas membangun kekayaan melalui properti TANPA MODAL”

  • Mantap Pak Joe.. Semoga Ilmunya makin dalam setelah pulang dari USA dan bisa berbagi lagi utk kami.

  • edo

    Alasan kuat saya untuk menjadi investor properti tanpa modal yang handal adalah untuk mendapatkan passive income setiap bulannya bahkan setiap hari yang akan mengalir ke rekening pribadi
    Sehingga banyak waktu yang bisa diberikan untuk keluarga, sosial dan ibadah tentunya.

    Mohon support Pak Joe dan rekan2 yang sudah “berangkat” terlebih dahulu.
    Terima kasih artikelnya Pak Joe.

    Best Regards,
    Edo.

  • Keep spirit

  • Take your passion.
    And make it happen.
    Pictures come alive, you can dance right through your life.

  • amin

    Bisa membahagiakan ortu, kluarga n bermanfaat buat orang banyak…

  • sederhana tapi sangat bermamfaat.

  • memang benar, kalau seseorang mau sukses, maka seseorang itu harus mempunyai tujuan dan mempunyai alasan yang kuat mencapai tujuan tersebut.

  • tarlia

    alasan saya untuk sukses,karena ingin membuat orang tua saya bangga & bahagia krn brhasil mendidik ank ny hingga menjadi orang sukses.. Tntu ny sy juga ngin punya PASIVE INCOME,wktu yg berkualitas utk menemani &membahagiakan mreka di sisa umur ny,jga bsa lbh bnyk membantu sesama..

  • Tjing Pauw Djaja

    woww the dream comes true , congratz pak joe , sangat memotivasi, thanks.

  • hidup terasa tak berarti tanpa sebuah TANTANGAN dan KESUKSESAN adalah buah manis dari hasil menaklukan TANTANGAN, bagi saya KESUKSESAN bukanlah hal yg penting tapi HAL yang SANGAT PENTING untuk DI TAKLUKAN.

  • Ahmad mujib

    Salam luar biasa untuk kt semua,trimakasih sblnya saya ucapkan ke pak joe,krn banyak sekali ilmunya yg di bgkan ke kt,keinginan saya ingin menjadi sukses adalah agar saya bs mempunyai kehidupan yg berkwalitas,ingin skl melihat senyuman orang2 yg saya cintai terutama ke 2ortu,bermanfaat bg sesama,agama,dan bangsa tercinta ini.

  • sukses itu untuk menemukan arti kita bagi diri dan sesama… dengan ingin hidup sukses berarti membuat jadi lebih berarti keberadaan kita ,,, hidup adalah untuk mengabdi… dan mengenali potensi terbaik diri dan membongkar pelajaran salah lebih mengantar kita kepada kesuksesan… mari bercita-cita dan berusaha mewujudkan impian dengan tetap berserah kepada-Nya…

  • Andi

    Consistent & Persistent Action..!!
    Thx P. Joe.

  • Ayu

    Keinginan yang amat sangat kuat untuk memiliki rumah. Akhirnya ada sahabat yang menawarkan, dengan segala daya upaya kami usahakan karena harus cash keras….
    Rumah tak berbentuk sampai sekarang, cicilan hutang masih ada.
    Pelajaran… lebih baik ambil KPR 🙂

  • rosadi

    Pingin punya duit Rp 100.000.000.000 pingin buka 1000 rumah tahfidz.

    Amin ya rabbal alamin…

  • keinginan menjadi orang kaya yang “mengkayakan” orang lain

  • Niabidin

    Salam mr.joe…., kesuksesan adalah ‘top urgen’ karena dari sana bisa segera membantu dan membahagiakan banyak orang. So, permudahlah segala proses yang dapat menyukseskan orang lain…. thks

  • TAHUN 2004, KENA PHK, PENGANGGURAN, BUKA USAHA JASA TERAPI, BELUM TAHU ARAHNYA MAU KEMANA, POKOKNYA PENGEN KAYA AJA, HIDUP ENAK.
    ALHAMDULILLAH SEKARANG PENGHASILAN KOTA JAKARTA GAYA HIDUP JOGJA, PERBULAN DAPAT PENGHASILAN BERSIH RP 20.000.000,-

    DULU GAK KEBAYANG BISA PUNYA RUMAH, SEKARANG UDAH BERANI MENGGAMBAR RENCANA RUMAH DUA LANTAI, ALHAMDULILLAH TANAH SUDAH ADA 750M2, SIAP UNTUK DIBANGUN.
    PENGALAMAN HIDUP PAK JOE GUE BANGET.

    IKUT SEMINAR APA AJA, BACA BUKU MOTIVASI, DENGAR CD MOTIVASINYA PAK TUNG,DLL
    PALING FENOMENAL SETELAH SAYA KENAL DAN BACA BUKU2NYA PAK ADI W.GUNAWAN. LOMPATANNYA QUANTUM DEH REJEKIKU. ALHAMDULILLAH.

    INI MANTRANYA:
    SEMOGA ANDA SELALU BAHAGIA , SUKSES, KAYA RAYA, DAN SEMUANYA TERCAPAI DENGAN CARA -CARA YANG MUDAH DAN MENYENANGKAN”

  • Be x Do x Faktor Tuhan = Have

    Sukses pak Joe…

  • faisal

    Setelah Baca buku PCM nya Pak Joe, saatnya sekarang mencari transaksi hot deal.. 🙂

  • nurjen

    salam pak joe….
    saya ingin sekali ikuti seminar,tpi waktu blm berpihak
    smoga lainkali….langsung ketemu pak Joe

  • Oom Joe Hartanto dan temen2 semua, saya ingin sukses dalam bisnis ini ( INVESTOR PROPERTYY ) karena ingin punya kebebasan keuangan dan waktu sehingga bisa menyekolahkan anak2 saya disekolah sekolah terbaik, mengajak tour mereka ketempat2 yang meninspirasi diwaktu libur sekolah.sebenarnyalah saya ingin mengikuti PCM, hingga langsung ketemu pak JOE tapi keuangan belum memungkinkan, kalau saja hotdeal pertama bisa saya dapatkan dengan ilmu yang saya dapat dari buku dan cd, mungkin akan mempercepat keikut sertaan saya dalam TRAINING PCM pak JOE.

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

  • edi

    kawan2 sy menganggap saya telah sukses, karena perbandingannya dengan kondisi keuangan mereka. tp sy merasa belum apa2 dan hampir setiap hari nyaris 18 jam sy berpikir keras akan usaha saya. saya merasakan saya kelelahan tp inilah kenyataannya. sy terjebak dalam bisnis yg sy jalankan. waktu, pikiran & tenaga seperti tak ada habisnya saya kerahkan. Saudaraku ketahuilah setiap kita punya masalah dan akan dihadapkan dengan masalah….! yang ingin sy sampaikan disini : mereka2 yg bisa bersabar dan bersyukur dalam situasi dan kondisi apapun itulah kunci kesuksesan sebenarnya. hingga akhirnya pencapaian yg ingin diraih sukses di dunia dan akhirat tercapai.

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

  • wisnu mujianto

    MEMANG BETUL SEMUANYA TELAH AKU BUKTIKAN SEJAK TAHUN 2007 DENGAN ALASAN DAN TUJUAN YANG JELAS AKU MERANTAU KE PULAU BATAM HANYA UNTUK MENCARI UANG SATU MILYAR DAN AKU KABARKAN KEPADA SEMUA MAHLUK YANG AKU JUMPAI BAHWA AKU DATANG UNTUK SATU MILYAR DAN ALLAH MENJAWAB DENGAN JALAN JALAN MENUJU SATU MILYAR DENGAN AKU DIPERTEMUKAN DENGAN LAHAN LAHAN YANG SANGAT RUMIT KEPENGURUSANNYA DIPLAU BATAM DAN SEKARANG BANYAK YANG MENYEBUT GELAR AKU RAJA KAPLING SEHINGGA LEGALITAS KAPLING KAPLINGKUPUN BISA AKU DAPATKAN.JALAN KELUARNYA BAGI ANDA ADALAH KERJAKAN…..!!! JANGAN HANYA MENDENGAR DAN MENGETAHUI SAJA

  • hero

    spirit baru…. saya siap menyusul jejak Pak Joe dan teman2. Salam sukses selalu….

  • alasan saya simpel, saya ingin kebebasan finansial dan selalu berkumpul bersama keluarga kecil saya

  • boy pradana

    alasanya saya hanya ingin membahagiakan orang2 di sekelili ku,

  • LAmbok Situmorang

    Tujuan saya bebas finacial dan dapat sering berkumpul dengan keluarga dan bisa bantu orang lain untuk masa depan mereka… (like u mr.joe..)have a nice day..

  • Impian/tujuan yang dibuat harus punya Emosi yang kuat, agar ketika terjadi keMalasan Emosi yang kuat itu mampu untuk membangkitkan semangat. Impian saya pengen pergi Ke eropa buan nonton Final Liga Champions, atau Final Word Cup, Thx atas sharingnya Pak Joe!

  • alasan saya simpel, saya ingin kebebasan finansial dan selalu berkumpul bersama keluarga kecil saya

  • Anwar Nasihin

    Alasan saya adalah ingin menikmati masa tua atau pensiun saya dengan bahagia dan nyaman tanpa menyusahkan anak dan keluarga, selain itu saya bisa beramal untuk bekal kehidupan selanjutnya. Amiin

  • mulyana

    salam pak jo

    mantap atas motipasinya..

  • ahmad

    semoga ilmunya.p joe bisa dibagikan ke kita semua.
    alasan saya: saya ingin memperoleh kebebasan financial,bisa membahagiakan ortu dan dapat uang tanpa harus “susah payah”

  • alasan saya simpel, saya ingin kebebasan finansial dan selalu berkumpul bersama keluarga kecil saya

  • sangat ingin mencapai passive income minimal 100 juta / bulan di tahun 2015..amin

  • Saya tidak muluk muluk….tahun depan saya mau punya usaha sendiri…dina usaha tersebut bisa tetap menghasilkan uang sekalipun saya sedang berlibur..sedang pulang kampung…sedang istirahat. Ini baru namanya mesin uang. Mari kita maju bersama. Sm sukses #bisnissejakmuda

  • laode slamet prihantoyo (priyo)

    pengen membahagiankan keluarga dan orang tua

  • Saya tidak muluk muluk….tahun depan saya mau punya usaha sendiri…dina usaha tersebut bisa tetap menghasilkan uang sekalipun saya sedang berlibur..sedang pulang kampung…sedang istirahat. Ini baru namanya mesin uang. Mari kita maju bersama. Sm sukses #bisnissejakmuda

  • Saya tidak muluk muluk….tahun depan saya mau punya usaha sendiri…dina usaha tersebut bisa tetap menghasilkan uang sekalipun saya sedang berlibur..sedang pulang kampung…sedang istirahat. Ini baru namanya mesin uang. Mari kita maju bersama. Sm sukses #bisnissejakmuda

  • sangat ingin mencapai passive income minimal 100 juta / bulan di tahun 2015..amin

  • alasan saya simpel, saya ingin kebebasan finansial dan selalu berkumpul bersama keluarga kecil saya

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

  • Reasons : Memiliki Dongkrak pengungkit yang kuat.
    Actions : Melaju dengan pesat dengan perencanaan yang tersusun rapih.

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

  • tency

    Dari mana saya harus memulai

  • Akhmad atim

    Salam sukses
    target utama adalah mencapai pasif
    income,selanjutnya adalah membantu saudara2 yg kurang mampu.
    Semoga target itu tercapai di tahun ini……aamiin.

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

    Mohon bimbingannya Pak Joe dan rekan2 lainnya. salam kenal 🙂

  • Hendry

    membantu keluarga dan orang2 yang membutuhkan,dan memiliki kebebasan waktu biyar bisa membahagikan orang yang disayang.

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

    Mohon bimbingannya Pak Joe dan rekan2 lainnya. salam kenal 🙂

  • hidup terasa tak berarti tanpa sebuah TANTANGAN dan KESUKSESAN adalah buah manis dari hasil menaklukan TANTANGAN, bagi saya KESUKSESAN bukanlah hal yg penting tapi HAL yang SANGAT PENTING untuk DI TAKLUKAN.

  • Bebas secara finansial, mau kaya raya, punya banyak waktu untuk keluarga, bisa pergi jalan jalan kemana pun dengan keluarga

  • Keep spirit

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

  • Intinya Allah tidak akan merobah nasib suatu kaum..kalau kaum itu sendiri tidak mempunyai keinginan untuk merobah nasib nya

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

  • Menurut saya tidaklah selamanya baik kita anti berkelimpahan harta karena alasan Agama.. Berkelimpahan hartalah dan bantu orang2 yg membutuhkan dengan iklash dan tulus hati.
    Lebih baik mana membiarkan saudara2 kita yg fakir menuju kafir karena kemiskinannya atau kita menolongnya dgn segenap kemampuan kita?

    Saya memang msh muda,namun saya ingin berguna bagi saudara2 saya yg lebih membutuhkan dr saya secepat mungkin dgn usaha2 saya.

    Mohon bimbingannya Pak Joe dan rekan2 lainnya. salam kenal 🙂

  • Alasan mengapa saya belum sukses, dikarenakan masih perlunya perhatian untuk anak, misalnya mengantar sekolah anak dan istri bekerja jam 07:00, menjemput anak pulang sekolah jam 12:00, memberi makan siang anak jam 12:00 – 12:15, menidurkan siang anak jam 12:30 – 15:00, menjemput istri pulang kerja jam 18:00. Tolong saya dibantu Pak, usaha apa yang cocok saya kerjakan? Makasih Banyak atas petunjuknya

  • alasan mengapa kit harua sukses,untuk membahagiakan orang tua,istri dan kluarga serta teman2 sekitar kita.

  • Joe Hartanto

    semoga Anda dapat segera membuktikannya dan untuk mewujudkan keinginan tersebut, Anda dapat pelajari ilmu yang sangat luar biasa ini di http://propertycashmachine.com/workshop/

  • alasan terkuat yg ada dalam diri saya adalah yg pertama ingin mebuktikan pada keluarga bahwa saya bisa sukses untuk mencapai kebebasan waktu dan uang

  • alasan terkuat yg ada dalam diri saya adalah yg pertama ingin mebuktikan pada keluarga bahwa saya bisa sukses untuk mencapai kebebasan waktu dan uang

  • budi santoso

    Terimakasih ilmunya,mantap pak joe

  • alasan terkuat yg ada dalam diri saya adalah yg pertama ingin mebuktikan pada keluarga bahwa saya bisa sukses untuk mencapai kebebasan waktu dan uang

  • alasan terkuat yg ada dalam diri saya adalah yg pertama ingin mebuktikan pada keluarga bahwa saya bisa sukses untuk mencapai kebebasan waktu dan uang

  • sy ingin menjadi orang yang sukses dalam segala hal serta ingin mebuktikan pada keluarga bahwa saya bisa sukses untuk mencapai kebebasan waktu dan uang. serta selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amin.

  • alasan terkuat yg ada dalam diri saya adalah yg pertama ingin mebuktikan pada keluarga bahwa saya bisa sukses untuk mencapai kebebasan waktu dan uang

  • Teresia Soemarni

    Saya ingin mengikuti langsung seminar pcm Pak Joe , jadi saya sedang mengumpulkan uang untuk biaya tiket dll krn Saya di Jayapura.

  • purnama

    Saya belum memulainya pak joe