Jadi Selebritis di Event Robert G Allen di Kuala Lumpur

Bicara satu panggung dengan pembicara internasional sekaliber Robert G Allen, di negeri orang pula……. Wow….sebuah pengalaman luarbiasa….impian yang menjadi kenyataan.

Bagi teman teman di Indonesia yang belum terlalu familiar dengan Robert G Allen, wajar saja…..karena di Indonesia buku bukunya tidak sepopuler buku penulis penulis lainnya. Tapi di negara2 lain, nama Robert G Allen sangatlah terkenal, dia adalah salah satu guru legendaris di bidang ‘beli properti tanpa uang’, karena dia sudah menuliskan dan mengajarkan hal ini pada orang banyak sejak 30 tahun yang lalu. Bahkan di Amerika sana, dia mendapat julukan “The Number One Millionaire Maker” (guru yang paling banyak membimbing orang biasa untuk jadi milyader), dan sering sekali muncul di TV dan mass media lainnya.

Mentoring saya dengan Robert G Allen dimulai saat saya dalam proses menyembuhkan diri sendiri dari rasa sakit hati, depresi, stress, paranoid, dan penyakit mental lainnya yang disebabkan oleh traumatik kebangkrutan saya yang pertama kali di tahun ’99. Saat itu seperti yang telah saya singgung sekilas dalam buku “Property Cash Machine” saya banyak terbantu oleh buku – buku motivasi dan pengembangan diri yang saya baca, salah satu dari buku yang telah menyadarkan dan membangkitkan semangat saya kembali adalah “Creating Wealth” yang ditulis oleh Robert G Allen.

Dalam buku tersebut saya menemukan sebuah kalimat bijak yang artinya seperti ini “Manakala anda jatuh atau gagal, saat sedang dalam perjalanan mewujudkan impian anda, maka anda telah bergabung dalam jajaran orang orang seperti Abraham Lincoln, Thomas Alfa Edison, Walt Disney, etc” …..kala itu yang ada dalam pikiran saya adalah…wah kalau orang2 besar itu saja pernah mengalami gagal, pernah jatuh, pernah bangkrut, artinya wajar wajar saja jika saya gagal, jatuh, bangrut ….

Pandangan saya tentang sebelumnya tentang sebuah kegagalan, kejatuhan, kebangkrutan adalah sebuah aib besar, sebuah kejadian yang amat memalukan,……. totally change 180 derajat…. ternyata wajar aja tuh….mereka semua juga mengalaminya, jadi kenapa mesti dipikirin, kenapa saya mesti hiraukan pemikiran dan pandangan orang lain disekeliling saya…..so what gitchu loh…..saya harus bangkit kembali, saya pasti bisa mewujudkan impian2, nasib saya sama dengan Abraham Lincoln, Thomas Alfa Edison, Walt Disney dan nama2 besar lainnya, nasib saya ada ditangan saya sendiri, saya pasti bisa!!!!!

Berbekal semangat dari kalimat bijak tersebut, saya bangkit kembali, melakukan berbagai macam bisnis lagi, sampai akhirnya salah satu bisnis tersebut membuat saya jatuh, gagal, bangkrut yang ke dua kalinya hanya dalam tempo kurang dari 2 tahun sejak kebangkrutan yang pertama di tahun ’99.

Setelah proses kebangkrutan ke 2 tersebut, saya baru sadar, bahwa ternyata untuk sukses, tidak cukup hanya dengan bermodalkan semangat saja, tidak cukup dengan kreatifitas saja, tidak cukup dengan membaca buku saja, kita juga perlu memiliki seorang mentor. Akhirnya saya memutuskan untuk berangkat ke Amerika, bekerja tanpa pengalaman dan tanpa surat ijin kerja, selain untuk mengumpulkan modal dan belajar langsung bisnis franchise di negara asalnya. Sebenarnya impian besar yang sangat memotivasi saya untuk berangkat ke US, meninggalkan anak istri di Jakarta, adalah karena saya ingin berguru langsung, mentoring langsung dengan salah satu guru idola saya, Bob (Robert G Allen).

Tapi setelah saya cari tahu dan menemukan informasi tentang tentang Bob, wow ternyata programnya dia muaaaahhaaalll buaaaaangeet, USD 5000, sebuah harga seminar yang mahal sekali, tidak mungkin terjangkau, untuk ukuran saya waktu itu. Akhirnya saya pendam keinginan tersebut, dan sempat sedikit terpuaskan setelah saya mengikuti sebuah seminar seharinya Robert T Kiyosaki di Virginia. Sambil memendam keinginan saya untuk berguru langsung dengan Bob, saya bertekad, akan praktekkan semua yang saya pelajari dari buku2 Robert G Allen (Creating Wealth, Nothing Down, Multiple Streams of Incomes dan One Minute Millionaire) dan setelah saya berhasil, saya akan temui beliau. Dan akhirnya saya kembali ke Indonesia untuk merintis bisnis, tanpa sempat berguru langsung dengan Bob, tapi dengan bermodalkan semangat dan insprasi yang diberikan Bob dalam buku “One Minute Millionaire” yang saya baca sewaktu sambil kerja di US.

Singkat cerita, seperti yang saya ceritakan di artikel sebelumnya, akhir tahun lalu, saya mendapatkan info bahwa Bob, akan datang ke Asia, dan akhirnya bulan Maret lalu saya berhasil menemui Bob di Singapore, dan menceritakan hal – hal yang telah berhasil saya praktekkan setelah membaca buku bukunya.

Minggu lalu 14-16 Mei, di Kuala Lumpur, akhirnya saya berhasil mewujudkan impian 10 tahun yang lalu untuk berguru dengan langsung dengan Bob. Bersama dengan 300an orang lainnya dari Malaysia, Singapore, China, India, Indonesia serta negara2 lainnya. Dan tanpa saya duga sebelumnya ….. Di hari ke 2, Bob turun dari panggung….kemudian menghampiri tempat saya duduk dan meminta saya untuk naik panggung bersama beliau… Dan dengan bangganya, Bob menceritakan kisah saya, dia sangat terharu karena bukunya bisa memotivasi seseorang yang tidak dia kenal dari sebuah tempat yang juga dia tidak kenal sebelumnya, dan meminta saya untuk berbicara, sharing tentang perjalanan saya, bertemu dengan buku2 beliau, sampai berhasil mempraktekkannya di Jakarta, Indonesia dan akhirnya bisa menjadi seorang Entrepreneur, Investor Properti dan sekarang Infopreneur (penulis buku dan trainer). Walaupun awalnya saya sempat ragu, karena bahasa Inggris saya yang tidak lancar, tapi akhirnya saya berhasil mendapat sambutan yang luar biasa dari para peserta lainnya.

Sejak turun dari panggung hari itu, sampai hari terakhir, tak henti hentinya teman2 baru dari Malaysia, Singapore, China, India dan beberapa dari Indonesia menghampiri saya, mengucapkan selamat, mengajak berkenalan, minta tanda tangan, berfoto bersama, angkat saudara, sampai angkat anak ….he3x….(minta saya untuk tinggal di rumahnya jika ke Singapore), dll.

Wow….sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa, pertama kalinya saya berbicara didepan ratusan orang di negara lain, dengan berbahasa Inggris, tanpa persiapan sama sekali dan satu panggung dengan penulis dan pembicara Internasional sekelas Robert G Allen…..sungguh saat saya sedang menuliskan artikel inipun, saya masih antara setengah tidak percaya dengan apa yang telah saya alami beberapa hari yang lalu.

Sungguh mengharukan, saya sama sekali tidak menyangka, ternyata kisah perjuangan hidup saya bermanfaat bagi orang lain, berhasil menginspirasi tidak saja teman teman di tanah air, dari Aceh sampai Bali, dari Bontang sampai Pontianak, dari kota2 besar seperti Jakarta, Makassar, Surabaya…sampai kota2 kecil seperti Tegal, Subang, Karawang….bahkan sekarang sampai keluar Indonesia…Malaysia, China, Singapore, India, dll.

Ada beberapa orang yang ketika saya turun panggung, minta berkenalan dan memberi ucapan selamat pada saya….sampai terharu dan berlinang airmata….bahkan ada seorang wanita muda yang ternyata berasal dari Padang, Indonesia…mengucapkan seperti ini, “Joe saya bangga dengan kamu, ternyata ada orang Indonesia yang bisa diundang naik panggung bersama Robert G Allen, saya bangga akan pencapaianmu, selamat!!”

Oh ya, sekedar info saja, tahun depan 2011, semoga semuanya lancar, saya mendapat kesempatan diundang oleh Bob ke rumahnya di Amerika, berdiskusi, bergabung dalam kelompok MasterMind yang dibimbing langsung oleh Bob, untuk mewujudkan impian impian berikutnya. Dan semoga saya bisa tetap membagikan ilmu ilmu baru lainnya untuk seluruh teman2 dan sahabat saya, dimanapun anda saat ini berada. For Your Freedom!!

Joe Hartanto