Home » Motivasi & Inspirasi

Kapan saat yang tepat Anda bisa “pecat” boss Anda?

8 January 2013 5,070 views 67 Comments

Kebanyakan karyawan pada umumnya takut sekali apabila memikirkan kemungkinan dirinya dipecat atau diberhentikan oleh perusahaan atau boss-nya. Tapi pernahkah dalam pikiran Anda terbersit keinginan untuk suatu hari nanti Anda bisa “memecat” boss Anda? Hehehe….

Ahhh pikiran macam mana pula ini? Mana ada karyawan ‘memecat” bossnya? …jangan jangan kalau ketahuan kita berpikir begitu, yang ada malah kita dipecat duluan.

Demikian komentar sebagian besar orang diluar sana, ketika saya meminta mereka untuk memikirkan kemungkinan mereka bisa “pecat” boss-nya.

Nah, menyimpang sedikit dari ide diatas, sekarang saya mau bertanya pada Anda semua, baik Anda yang bekerja sebagai karyawan, profesional ataupun sudah jadi pengusaha.

“Berapa penghasilan pasif per bulan (passive income), yang menurut Anda sudah cukup buat Anda untuk “bisa berhenti” dan pensiun dari pekerjaan atau usaha Anda saat ini?”

Penghasilan pasif ini boleh Anda dapatkan dari mana saja, dari investasi Anda di bidang bisnis, properti, royalti, hak cipta atau hal lainnya. Yang pasti penghasilan pasif ini adalah penghasilan yang tetap datang, masuk ke rekening bank Anda, tanpa Anda harus aktif bekerja untuk mendapatkannya atau hanya perlu sedikit usaha yang dikeluarkan untuk mendapatkannya. Penghasilan yang Anda bisa dapatkan, bahkan saat Anda sedang tidur, berlibur, atau bahkan sedang “pacaran” dengan pasangan resmi Anda….hehehe….

Beberapa waktu yang lalu, saya menyelenggarakan sebuah kuiz di Facebook Fanpage Joe Hartanto dengan pertanyaan serupa, dan animo dari teman teman sungguh luarbiasa, ada berbagai macam jawaban dari berbagai kalangan, dengan angka dan pemikiran yang berbeda beda.

Tapi ada juga yang bingung dan bertanya demikian “Sebenarnya jawaban yang benar itu berapa ya? Karena setahu dan pengalaman saya, manusia itu berapapun jumlahnya pasti selalu kurang.”

Betul sekali! Pada umumnya manusia itu berapapun uang yang didapat selalu akan kurang.

Sahabat sekalian, memang tidak ada acuan dan angka yang pasti dalam hal ini, tetapi saya pribadi sependapat dengan salah satu guru saya yang mengatakan “seseorang bisa dikatakan sudah bebas secara keuangan/finansial ketika dia sudah memiliki penghasilan pasif minimal 3 kali lipat dari total kebutuhan keuangan pribadinya dan keluarga tiap bulannya”.

Jadi sebagai contoh, jika kebutuhan keuangan seseorang untuk dapat menjalankan gaya hidupnya dia saat ini adalah sebesar Rp 10 juta/bulan, maka dia sudah bisa dikatakan bebas secara keuangan/finansial ketika penghasilan pasifnya mencapai angka Rp 30 juta/bulan.

Andaikan saat ini Anda adalah seorang karyawan, bekerja di sebuah perusahaan, dan mendapatkan gaji / penghasilan aktif Rp 10 juta/bulannya. Tetapi Anda sebenarnya tidak senang kerja di perusahaan tersebut, mungkin dengan alasan seperti:

  • Ini bukan bidang pekerjaan yang saya suka
  • Saya tidak suka dengan boss saya  yang selalu menekan bawahan
  • Saya tidak suka dengan lingkungan di perusahaan, yang saling sikut dan saling jatuhkan sesama karyawan
  • Saya tidak suka lokasi kantor, karena jauh dari rumah, maceeeeet dan habiskan waktu saya di jalan setiap harinya (kerja 8 jam di kantor + 6 jam perjalanan PP dari rumah ke kantor= 14 jam diluar rumah, tinggalkan keluarga yang Anda cintai)
  • Dan berbagai macam alasan lainnya.

Semua alasan yang Anda miliki mungkin membuat Anda tidak betah dan ingin sekali bisa “pecat’ boss Anda, tetapi belum bisa Anda lakukan, karena penghasilan aktif Anda yang Rp 10 juta sudah habis bahkan sebelum akhir bulan untuk biayai kebutuhan keluarga Anda. Apakah ini sesuatu yang umum terjadi? :)

Jadi Anda terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang tidak Anda sukai, tetapi Anda juga tetap harus lakukan karena hidup Anda dan keluarga Anda tergantung dengan gaji / penghasilan aktifnya.

Nah sekarang marilah kita bayangkan situasi dan keadaan yang berbeda, jika apapun profesi Anda saat ini, apakah Anda seorang karyawan, profesional, pengusaha atau pengangguran sekalipun, tetapi Anda memiliki penghasilan pasif 3 kali lipat dari kebutuhan hidup Anda dan keluarga tiap bulannya, Apa yang akan Anda lakukan?

Bagi karyawan dengan kondisi diatas, dapat saya perkirakan, jawabannya mungkin adalah segera bulan depan saya mengundurkan diri ….ehhh salah…. kok memundurkan diri sih…. Ya memajukan diri toh..…..atau segera saya “pecat” boss saya…hehehe…

Bagi sahabat yang profesional, misalnya dokter, perawat, pengacara, atau profesi lainnya, mungkin akan bekerja melayani para pasien atau kliennya dengan sepenuh hati, dan jauh lebih profesional,  dibandingkan rekan sejawat mereka yang hanya bekerja asal asalan sekedar untuk mendapat uang atau mem”perkaya diri”nya sendiri tanpa pedulikan penderitaan klien/pasiennnya.

Bagi sahabat yang pengusaha, mungkin akan berusaha dengan semangat melayani yang jauh lebih baik pada konsumennya dan meningkatkan profesionalitas dalam berusaha, tidak mudah melakukan praktek praktek usaha yang kotor, menjatuhkan atau menjelek jelekkan sesama rekan pengusaha yang bergerak di bidang yang sama atau mencurangi konsumennya. Atau bahkan kalau usaha yang digelutinya saat ini, bukanlah usaha yang sesuai dengan hatinya, mungkin usahanya ditutup, dijual, atau dihibahkan saja deh…..

Intinya sahabat sekalian, dengan memiliki penghasilan pasif yang besarnya minimal 3 kali lipat dari kebutuhan / gaya hidupnya saat ini, banyak hal yang akan bisa dilakukan oleh seseorang, banyak hal yang bisa ditingkatkan dalam kehidupannya, mengapa demikian?

Karena jauh didalam pikiran bawah sadar setiap manusia mereka memiliki kebutuhan akan rasa aman dalam hal keuangan, dan saat kebutuhan akan rasa aman itu tercukupi, pikiran akan bekerja dengan jauh lebih rileks, nyaman, sehingga banyak hal hal kreatif yang bisa dilakukan, banyak hal hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas hidup orang tersebut, keluarganya, maupun lingkungan sekitarnya.

Nah, sekarang sebagian dari Anda mungkin bertanya demikian, ya saya sudah tahu tentang hal itu, tapi darimana saya bisa dapatkan penghasilan pasif tersebut??

Darimana saja …… Anda bisa dapatkan penghasilan pasif dari royalti hak intelektual Anda, seperti penulis buku, pencipta lagu,  pemilik merk usaha atau hal lainnya, dari hasil usaha atau dividen usaha Anda yang sudah bisa berjalan tanpa perlu kehadiran Anda, dari hasil keuntungan investasi dan hasil sewa investasi properti (seperti yang saya dan teman teman alumni PCM lakukan saat ini)….ataupun hal hal lainnya.

Terus….bagaimana caranya? Kalau ini, saya jawabnya mudah saja, seperti jawaban saya pada anak saya Nadya sewaktu umur 6 tahun, saat dia bertanya, “Dad, bagaimana caranya supaya bisa naik sepeda seperti anak tetangga sebelah?”, waktu itu saya jawab…. Ya…. pertama tama kamu harus belajar nak….belajar naik sepeda, sama daddy, mommy atau siapapun yang sudah terbukti lebih dahulu bisa dan tahu caranya naik sepeda.

Demikian pula, sama halnya dengan memiliki kemampuan bersepeda, untuk memiliki kemampuan dalam bidang apapun, termasuk kemampuan untuk menghasilkan penghasilan pasif, ya awalnya harus belajar dulu. Belajarlah dengan orang yang sudah terbukti, lebih dahulu bisa dan tahu caranya.

Terus…..langkah awalnya bagaimana? Kembali ke contoh bersepeda, saat anak saya Nadya bertanya demikian pada saya, hal apa yang bisa menyebabkannya bertanya demikian? Tentunya sebuah keinginan atau memiliki kebutuhan untuk mampu dan bisa bersepeda dengan baik seperti anak tetangga.

Nah, sahabat sekalian, itulah jawabnya, langkah awalnya Anda harus punya keinginan atau memiliki kebutuhan untuk memiliki penghasilan pasif 3 kali lipat kebutuhan Anda saat ini. Keinginan ini yang biasanya juga disebut dengan impian, goal, target atau outcome atau apapunlah namanya.

Terus….selanjutnya apa lagi? Terus terus terus….udah ahhhh….cape nulisnya nih…hehehe…

Sekarang saya mau tanya lagi, Apakah Anda ingin dan percaya Anda bisa memiliki penghasilan pasif? Jika jawabannya ya, silakan Anda tuliskan di kolom komentar dibawah ini:

  1. Berapa jumlah penghasilan pasif yang Anda inginkan?
  2. Berapa lama jumlah itu akan berhasil Anda wujudkan dalam hidup Anda?

Anda bisa dan boleh saja buat targetnya 1 trilyun perbulan…..kan yang namanya impian harus sebesar besarnya …..hehehe….emang iya sih, tapi kalau 1 trilyun itu tercapainya disaat Anda usia 99 tahun, ya sama aja bohong………. sttttt jangan kelamaan dong…., kasihan keluarga dan orang orang yang Anda cintai.

Ingat, buatlah target yang reachable dan reasonable. Dan targetkan untuk Anda wujudkan paling lama 5 tahun dari saat Anda menuliskannya saat ini  atau bahkan lebih cepat lagi.

Untuk mencapai impian atau goal, pertama-tama Anda harus tentukan terlebih dahulu, jadi tuliskan jawaban dari 2 pertanyaan diatas di bagian komentar di bawah ini.

Salam Sukses Berkelimpahan Buat Anda,

Joe Hartanto

Join our new PCM E-Learning @ http://propertycashmachine.com/elearning

And

Join our coaching session @ www.PropertyCashMachine.com

“Tempatnya belajar cara cerdas membangun kekayaan melalui properti TANPA MODAL”

Share your comments on Facebook:

67 Comments »

  • Tulus said:

    1. jumlah penghasilan pasif yang Saya inginkan Rp.100.0000.000/bln
    2. lama jumlah itu akan berhasil Saya wujudkan dalam hidup Saya pada tahun 2015,,

  • Tommy said:

    1. Penghasilan pasif yang saya inginkan minimal 50 juta/bulan (just info gaji saya skrg masih dibawah 4 juta/ bulan)
    2. Waktu yang saya butuhkan untuk mencapainya insyaAllah tahun ini juga, smoga sebelum bulan agustus. amin Allahuma amin.

  • Pencerah said:

    saia ingin segera memecat bos saia hahahah

  • Bunda Bijak said:

    sebuah provokasi yang menarik. siyap tuk mempraktekkan di dunia nyata

  • dede syafrizal said:

    1. Berapa jumlah penghasilan pasif yang Anda inginkan?
    * 50jt/bln.
    2. Berapa lama jumlah itu akan berhasil Anda wujudkan dalam hidup Anda?
    * 3,5 tahun.

  • andi s said:

    Saya punya impian yg sgt besar.saya aunya keinginan punya uang 1m di tahun ini.walau sebenarnya sy belum tau gimana cara mendapatkannya.yg pasti,dgn usaha sy saat ini kayaknya keinginan itU di luar kemampuan sy.sedang untuk ikut seminar sampeyan aja sy gak ada duit.hahaha…………….??????

  • supriyadi said:

    1. Berapa jumlah penghasilan pasif yang Anda inginkan?
    saya menginginkan pasif income minimal 50 juta perbulan
    2. Berapa lama jumlah itu akan berhasil Anda wujudkan dalam hidup Anda?
    setidak tidaknya tahun depan harus tercapai
    amin
    mohon bimbingan
    terimakasih

  • Tunas garmen promosi said:

    Bekerja cerdas disertai Doa usaha ikhtiar tekun dengan fokus serta konsep yang benar maka impian passive income akan segera terwujud..

  • Janus Alloin said:

    40 juta rupiah dalam waktu 5 tahun. kalo rupiah udah keburu di denominasi ya sekitar 40 ribu rupiah. BRAVO..

  • Abu TibyaNada said:

    1. 50 JUTA PASSIVE INCOME
    2. 3 – 5 TAHUN KEDEPAN UNTUK CAPAI NILAI TERSEBUT. SEMOGA SAJA DIBERIKAN JALAN TERBAIK.

  • Al Riza Nurfatria said:

    Pasiv income yg sya ingin. Rp.150.000.000,- perbulan.
    Dan itu segera harus saya wujudkan.

  • Asral Mashuri said:

    Saya sangat ingin memiliki pasif income :
    1. jumlah yang saya harapkan persis sama dengan apa yang diutarkan pak Joe, adalah 3 x besar penghasilan aktif saya sekarang.
    2. saya akan mencapai hal itu dalam 6 tahun dari sekarang.

  • Erwin said:

    Berapa jumlah penghasilan pasif yang Anda inginkan?
    Jawab : 100,000,000 /mo
    Berapa lama jumlah itu akan berhasil Anda wujudkan dalam hidup Anda?
    Jawab : 3 years… right now…!!!

  • rachmat said:

    saya ingin penghasilan sebulan 40 juta di wujudkan dalam 1 tahun

  • sukandar hidayat said:

    1. Penghasilan pasif yang saya inginkan..17jt/bln.
    2. Saya harus mencapainya, paling lambat akhir tahun 2017, bulan november..

  • Aria Gunawan said:

    1. Rp 100.000.000 perbulan
    2. 1 Januari 2013 Insya Allah telah terwujud.. Amiin Ya Allah..

  • Kasman said:

    PASIF INCOME PER BULAN RP. 50 JT
    SELAMA 1 TAHUN

  • syifaun said:

    Untuk sementara penghasilan yang saya inginkan adalah 10 juta per bulan terlebih dahulu, dan itu Insya Allah akan saya capai dalam waktu 2 tahun lagi. Soalnya saat ini saya masih dalam tahap pembelajaran, jadi targetnya yang masuk akal saja.

  • Al Riza Nurfatria said:

    Penghasilan pasif yg saya inginkan Rp.150.000.000,- perbulan
    Dan itu mau saya wujudkan dalam tahun ini.

  • eko said:

    saya ingin pasif income 50 juta per bulan
    saya sangat yakin akan mewujudkannya dalam 5 tahun ke depan
    Amin.

  • hendri Guci said:

    1. Berapa jumlah penghasilan pasif yang Anda inginkan?
    Impian saya mendapat 5o juta terus Up perbulan.??
    2. Berapa lama jumlah itu akan berhasil Anda wujudkan dalam hidup Anda?
    Setidaknya harus optimis awal tahun tahun 2014 tercapai..
    Melalui bisnis n inspirasi Bisnis dari catatan tutor kaliber
    “Mas joe Hartanto”

  • mart said:

    passive income Rp 31.000.000

    target 2 tahun.

  • Hardi said:

    Saat ini sya menginginkan pasif 50Jt/3mggu
    dan pencapaiannya harus bsa saya dapatkan ditahun 2013.
    Insya Allah saya akan bergabung diPCM bulan Maret mendatang,Doakan saya Pak Joe…

    Hardi_EU Karawang

  • Endah Dwi Ariaty said:

    Saya ingin punya pasive income 20 juta/bulan,mulai bulan Jan 2013

  • Junaidi said:

    1. Penghasilan Passive Income Junaidi Minimal Rp. 30,000,000.- atau Lebih Besar, Amin.

    2. Sy Junaidi sudah mencapainya di Tanggal 29 September 2013 atau Lebih Cepat, Amin.

  • Tut Sugi said:

    Terima kasih atas provokasi positifnya Pak Joe. Ini makin menyemangati saya untuk bisa meraih pasif income minimal Rp 50.000.000,- perbulan dalam kurun waktu 3-5 tahun mendatang.

  • Benny T. said:

    Berharap dapat pasive income sekitar Rp.30-40 jt / bulan.

    Target tercapai dalam waktu 1 s/d 3 tahun ke depan.

  • Minuman Kesehatan said:

    kalo saya sih ingin penghasilan pasif minimal sebesar 30 Juta rupiah/bulan dan bisa tercapai tahun ini juga…

  • Rushdie said:

    Bersih 3jt sehari kayanya cukup kcuali tambah istri, hehehe

  • Sujono SPd said:

    Karena gaji kotor saya 3 juta/bulan, maka penghasilan yang di inginkan oleh saya minimal 3x lipatnya yaitu +/- 10 Juta/bula. 6 bulan dari sekarang mudah2an tercapai. Mohon doanya!

  • ramliPCM said:

    Pasif income yang saya targetkan tahun ini 600 jt atau rata – rata per bulan 50 jt…
    mulai tahun ini efektifnya bulan maret masuk quartal ke 2… mohon doanya pak joe…

    Salam suksess Berkelimpahan..

  • udi çasiwan. said:

    45jt/bln awal 2014

  • Suwardi said:

    20 juta / bulan dalm waktu 3 tahun dari sekarang….

  • Taufiq said:

    Target Pasif income 20 jt/bulan 1,5 tahun kemudian dari hari ini, untuk selanjutnya setiap tahunnya bisa naik 2X lipatnya /tahun usaha yang saya jalani sebagai kontraktor dan 1,5 tahun kedepan saya harus bisa membeli 5 dumptruck dan 1 bh backhoe , 1 tahun berikutnya bisa beli tanah min. 2 hektar dan 1 tahun berikutnya harus bisa jadi pengusaha properti mohon doa restunya pak Joe

    Salam Sejahtera berkelimpahan
    Taufiqur Rochman

  • mamat rochmat said:

    income pasif yang saya inginkan adalah 1,5 juta /day
    targernya minimal minggu depan ,

  • janter said:

    1. Pasif income yang saya impikan adalah Rp. 150.000.000,-
    2. Semoga sudah bisa terjadi dengan lancar di tahun 2015.
    AMIN.

  • Ahmad izzudin Alqosam said:

    Bismillahhirrahmanirrahim..
    insyaallah bulan depan 3 juta per-bulan,bulan berikutnya bertambah 2x lipat ,begitu juga dengan bulan bulan berikutnya..

  • Ahmad izzudin Alqosam said:

    AMIIIIIN….

  • Isman said:

    artikelnya sungguh2 meng-inspirasi…. semoga saya bisa secepatnya memecat BOSSS saya…dan pindah ke Kuadran KANAN…

  • Ando said:

    Insyaallah,,,
    .
    Passive income bersih :
    ~ 5jt per bln = 12 bulan setelah mengikuti workshop PCM
    ~10jt per bln = 18 bulan setelah mengikuti PCM
    ~50jt per bln = 30 bulan stelah mengikuti PCM
    .
    ~ > 500jt per bln = 10 tahun pertama setelah mengikuti workshop PCM
    .
    Berlaku untuk setiap tahun setelahnya dengan kenaikan penghasilan minimal 200%
    .
    .
    Amin,,,
    .
    Mohon do’a bersamanya,,,

  • Suherman said:

    5o jt per bulan spy sama dgn gaji bos besar.
    target akhir tahun ini

  • Yudi Pemula said:

    1. Target pasif income yang ingin dicapai adalah 30jt/bulan (3x income aktif saat ini)
    2. Jangka waktu yang di butuhkan 2-3 thn lagi

  • yoka said:

    30 jt/bln, tahun 2014

  • rinaldi said:

    Saya punya target 5 thn lagi/2017 penghasilan rata2 harus bisa mendapatkan 25jt/bln yesss insyaAllah saya mampu.

  • Agung said:

    dengan alasan dimiliki,
    saya ingin mendapatkan pasif incame Rp 3-10jt /bln pada juni/juli 2014.
    alhamdulillaah.

  • drajat arrodzak said:

    20 juta/bulan,dan akan sy capai 2 tahun.bismillah

  • Suryanie Azzahra said:

    Sy targetkan 18 jt/bulan,dng target 2 tahun.dan sy akan bergabung dng PCM master Joe Hartanto.kapan ada seminarnya? Tolong diinfokan.terima kasih

  • Harisman Awal Gumelar said:

    1. Penghasilan Pasive yang saya inginkan 50 juta/ Hari
    2. Insya alloh Target Itu akan tercapai % bulan Lagi,..

  • Harisman Awal Gumelar said:

    Penghasilan Pasive yang saya inginkan 50 juta/ Hari
    2. Insya alloh Target Itu akan tercapai 5 bulan Lagi,..

  • Ageng Naryana said:

    1. Berapa jumlah penghasilan pasif yang Anda inginkan?
    30 juta/bulan;
    2. Berapa lama jumlah itu akan berhasil Anda wujudkan dalam hidup Anda?
    11 Januari 2014.

    Amin… ya Robbal Alamin…

  • jimmy alfa said:

    INSYAALLAH saya memiliki passive income 10juta rupiah perbulan dimulai sejak 1 juli 2013 dan akan terus bertambah di bulan-bulan selanjutnya.
    aaaaaaaaaammmmiiiiiiiiiinnnnnnnn

  • mukhlis said:

    1.penghasilanku akan 25 juta perbulan
    2.dalam jangka waktu 6 bulan ke depan tepatnya 15 agustus 2013

    amiin..

  • tarlia said:

    jumblah pasive income yg sy inginkan 80.000.000/bulan
    2tahun dari sekarang

  • Sukses Impianku said:

    ya saya ingin penghasilan pasif sebulan 300 juta dalam waktu 2 tahun.

  • Yudhy Wicaksono said:

    1. Jumlah penghasilan pasif yang Saya inginkan Rp.15.0000.000/bln
    2. Lama jumlah itu akan berhasil Saya wujudkan dalam hidup Saya pada tahun Desember 2014.

  • didi said:

    * 100jt/month
    * 3years later

  • axl mustika said:

    sy pingin pasif income 50jt/bulan dan target tercapai di tahun 2014..mohon doanya dari temen2 semua..smoga terkabul amiinn..

  • Miefqi Chai said:

    SAYA KEPINGIN BAGNGAT MEMILIKI PASIF INGCOME SEBESAR 50 JT DALAM TAHUN INI (y).

  • Dawam Ali said:

    Pak Jo saya inginnya punya PASIVE INCOME 30 JT per BULAN dalam TIGA TAHUN ke depan….and then gimana memulainya….

  • sugeng santoso said:

    1. Jumlah penghasilan pasif yang Saya inginkan Rp.100.0000.000/bln
    2. Lama jumlah itu akan berhasil Saya wujudkan dalam hidup Saya pada tahun Desember 2014.

    Semoga sebelum akhir tahun 2013 bisa mengikuti seminar PCM
    Semoga berhasil … Isya ALLAH ….
    Amin..

  • samsul said:

    thanks
    sy ingin 20jt per bulan
    dalam waktu 1 tahun

    salam sukses

  • santo said:

    hehehe…jadi inget janji saya tahun lalu, 50 juta per bulan. musti kecapai di 2013 ini. saat ini baru bisa dapetin 2 juta per hari dr trading, jadi belum bisa disebut passive income.

    btw, pcm inceran saya kesamber orang laen gara2 telat memulai FE nya pak Joe. ;p

  • Gunawan Gunawan said:

    tidak jauh jauh, 10 juta sebulan sudah cukup. target sebelum akhir tahun ini.

  • Surya said:

    Target saya 50 juta per bulan sebelum 4 Juli 2015.

  • ridda ageng said:

    tahun depan passive income saya ..(bismillah) 20jt dan akn mningkat significan ditahun berikutnya… Aminn salam berkelimpahan pak..

  • My is PCB ReOnk said:

    Bismillahirrohmanirrohim, saya targetkan passive Income 10.000.000 perbulan mulai awal tahun 2014 dan 50.000.000 perbulan, mulai awal tahun 2015. Amiin

  • apry said:

    30 jt perbulan
    5 tahun
    aminnnnnnn

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.