Orang “kaya” yang “miskin”

Sahabat sekalian,  beberapa waktu yang lalu, suatu sore ketika  saya baru saja tiba kembali di rumah, salah satu pengurus rumah tangga di rumah saya bercerita,  kalau dia dan temannya pengurus rumah tangga kami lainnya, serta beberapa pengurus rumah tangga dan beberapa driver rumah tetangga, baru saja berpesta kebun dan berenang bersama.

Dan saat itu saya merespon dengan senyum dan biasa saja. Saya berpikir bahwa mereka para pengurus rumah tangga dan driver ini toh sesekali juga memang perlu refreshing dan bersosialisasi.  Jadi wajarlah saat mereka senggang dan sudah selesai dengan tugas pekerjaannya, kalau mau berkumpul dan berenang bersama di taman dan club house dalam cluster perumahan kami yang letaknya sangat dekat, hanya selisih 2 kavling saja dari rumah kami.

Tetapi saya cukup terkejut, karena saat saya konfirmasi ulang, ternyata mereka bukan berenang di club house seperti dalam bayangan pikiran saya sebelumnya. Tetapi ternyata, mereka berenang di kolam renang pribadi rumah tetangga  kami, yang kebetulan di halaman belakang rumahnya ada kolam renangnya…..hahaha…..

Jadi sewaktu tuan pemilik rumahnya  pergi ke kantor tempatnya bekerja…… semua fasilitas yang ada di rumahnya, termasuk kolam renang pribadinya dimanfaatkan dan digunakan berenang oleh para pengurus rumah tangga dan driver …..hahahaha

Saya dan istri saya langsung ngakak habis habisan…….

Kenapa kami tertawa, selain karena memang hal tersebut lucu, dan juga karena kami ingat cerita tentang kejadian serupa, yang pernah kami dengar sebelumnya dari salah seorang kawan kami duluuuuu sekali….

Di tahun 2000an, sewaktu kami baru saja belajar dan mengetahui adanya tentang kebebasan uang dan kebebasan waktu. Teman kami itu dalam salah satu kesempatan mengatakan, bahwa banyak orang ‘kaya’ yang rumahnya besar, garasinya muat lebih dari 2 mobil, bahkan di rumahnya ada kolam renang pribadi, tapi sebenarnya “miskin” waktu……

Ya benar, “kaya” dalam hal harta kekayaan, tapi “miskin” dalam hal waktu, karena saking sibuknya bekerja, berangkat pagi – pulang malam, bahkan hari Sabtu – Minggu pun terkadang harus bekerja, main golf untuk melobby rekanan bisnis, keluar kota, atau bersosialisasi diluar rumah dan segala macam kesibukan lainnya.

Sehingga merekapun tidak memiliki waktu untuk menikmati segala macam fasilitas yang ada di rumahnya sendiri, bahkan bertemu dan berkumpul dengan keluarga, anak dan istri atau suaminyapun sampai sampai hanya sedikit sekali, bahkan hampir tidak ada.

Waktu itu teman kami bercerita, bahwa suatu hari dia menginap di rumah salah seorang teman baiknya yang sangat kaya, tinggal di sebuah komplek perumahan ekslusif dan rata rata tiap rumah di situ memiliki  kolam renang di rumahnya.

Beberapa hari menginap di rumah teman baiknya itu, teman kami heran, karena setiap sore diatas jam 4 sore, dari tetangga rumah teman baiknya terdengar suara musik dangdut yang cukup keras dan terkadang disertai suara cekakak cekikik beberapa orang.

Teman saya heran, karena setahu dia, rumah temannya itu berada di komplek perumahan elite, yang jauh dari kampung…. Tapi kok rumah elite…. Seleranya musik dangdut ya? Demikian pikir dia. Dan iseng iseng dia tanya ke temannya pemilik rumah, “itu suara musik dangdut darimana sih dan siapa sih yang menyetelnya?”

Kemudian teman baiknya mengajak teman saya untuk naik ke atap dak lantai 3 rumahnya, dan mengintip ke halaman belakang rumah tetangganya, dan terlihatlah pemandangan sebuah kolam renang pribadi yang sedang dipakai berenang oleh para pengurus rumah tangga dan driver driver, di saat pemilik rumahnya sedang pergi bekerja…..

Sewaktu teman kami bercerita tentang hal tersebut, kami juga ikut ngakak dan berpikir itu hanyalah lelucon saja, bumbu dari penjelasannya tentang apa itu kebebasan keuangan dan kebebasan waktu.

Sampai saat kami dengar sendiri pengurus rumah tangga kami bercerita tentang acara renang barengnya hari itu, kami berdua baru  sadar, bahwa ternyata cerita teman kami saat itu bukan sekedar lelucon, tapi memang benar benar kenyataan yang terjadi di sekitar kita …hahaha….

Dan memang ketika kami ingat ingat dan amati, selama kami tinggal bertetangga di lingkungan perumahan kami ini, memang benar apa yang dikatakan teman kami dulu…. Bahwa banyak orang yang “kaya” secara harta kekayaan, tetapi mereka “miskin” dalam hal waktu atau belum bisa bebas secara waktu.

Nah  sahabat sekalian, mengapa hal itu bisa terjadi? Ya karena sebagian besar, atau bahkan seluruh penghasilan mereka adalah penghasilan aktif, yang hanya bisa didapat ketika mereka menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan keahliannya dengan penghasilan mereka yang besar.

Sehingga ketika mereka ingin menikmati penghasilannya yang besar itu, di satu sisi membuat mereka tidak bisa benar benar menikmatinya, karena penghasilannya adalah penghasilan aktif. Sehingga jika mereka ingin menikmatinya, otomatis mereka harus mengorbankan sebagian penghasilannya tersebut.

Hal ini mengingatkan saya sewaktu, saya masih bekerja di US, waktu itu pernah, saya “terpaksa” harus mengorbankan tidak mendapat penghasilan aktif saya beberapa ribu dollar, untuk supaya saya bisa berlibur dan pergi melancong ke kota lain …..hmmmmmmm jadi selama pergi berlibur 2 minggu itu, saya tidak menghasilkan penghasilan 1 dollarpun, malah uang tabungan yang saya simpan selama itu, habis terpakai untuk membiayai perjalanan saya tersebut.

Sahabat sekalian, itulah perbedaan yang sangat nyata antara penghasilan aktif dengan penghasilan pasif. Dengan memiliki penghasilan pasif, hidup kita akan terasa sangat berkelimpahan,…..mengapa demikian?

Sebab, dengan penghasilan pasif, kita tetap bisa tidur dan bangun kapanpun kita mau, tidak usah harus “terpaksa” bangun oleh suara alarm/beker di pagi hari, kita tetap bisa menikmati semua fasilitas yang ada sewaktu orang lain sedang sibuk bekerja, kita tetap dapat berlibur, tanpa harus merasa khawatir akan kehabisan uang tabungan, karena selama kita berlibur, selama kita tidur, selama kita santai sekalipun penghasilan pasif kita tetap datang melalui aset aset produktif yang kita miliki… itulah yang dinamakan kebebasan waktu… kita bisa menikmati hidup kita kapanpun kita mau, tanpa merasa takut tidak menghasilkan uang.

Atau dengan kata lain, dengan memiliki penghasilan pasif, kita tidak perlu mengorbankan salah satu, apakah itu penghasilan aktif atau waktu. Saat kita bisa mendapatkan keduanya sekaligus, baik penghasilannya maupun waktu luangnya, itulah yang dinamakan kebebasan keuangan dan waktu.

Jadi apabila saat ini Anda memiliki, penghasilan 100 juta perbulan sekalipun. Tetapi ketika Anda sakit, tidur, malas ke kantor, pergi berlibur atau ingin dirumah saja, penghasilan itu tidak bisa Anda dapatkan, segeralah mencari cara untuk mengubah, mengkonversi penghasilan aktif Anda itu menjadi pasif, agar Anda menjadi orang kaya dalam arti yang sesungguhnya.

Karena berapapun besarnya penghasilan aktif Anda saat ini, selama penghasilan Anda itu masih harus aktif didapatkan, artinya Anda belum bebas secara keuangan ataupun waktu….

Nah sekarang pertanyaan saya, kapan dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai kebebasan keuangan dan waktu didalam hidup Anda?

Silakan Anda tuliskan jangka waktunya di kolom komentar di bawah ini ya. Ingat, dengan berani menuliskannya, artinya Anda sudah selangkah lebih dekat dengan target, impian, goal atau outcome Anda.

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto

Join our new PCM E-Learning @ http://propertycashmachine.com/elearning

And

Join our coaching session @ www.PropertyCashMachine.com

“Tempatnya belajar cara cerdas membangun kekayaan melalui properti TANPA MODAL”

  • Salam Dahsyat Mr. Joe.

    Saya Lili, usia 26thn. Mungkn 10tahun / lebih utk mencapai kebebasan financial pd umumnya jika modal dengkul aja.

  • Satu tahun

  • Iman Safari

    3 sampai 5 tahun

  • hahaaha lucu juga. Coba rumah saya di daerah sana, langsung gabung

  • sungguh ironis. Begitulah manusia, selalu ingin mencari harta tanpa menadari kemampuannya dalam memanfaatkan harta itu

  • Sangat Menginspirasi untuk menyadari arti sesungguhnya Menjadi Orang Kaya.
    Kata kuncinya : Segera Konversi Penghasilan AKTIF anda menjadi PENGHASILAN PASIF

    Terima kasih Banyak Pak Joe, Sukses selalu untuk pak JOE.

  • Target Saya Bebas Keuangan dan Waktu : 5 Tahun dari sekarang.
    Tahun 2017 saya mencapai Financial Freedom !

    Salam : Semangat PAAGII ! Sukses Luar Biasa !

  • Edy Sujendro

    Saya sudah merencanakannya pada Usia Saya 30 Tahun atau kurang lebih 8 Tahun Lagi. nanti waktu yang saya gunakan adalah membuat yayasan untuk anak2 terlantar dan fakir miskin dengan pembiayaan independent…Mohon Doa, dukungan, dan bimbingannya Pak JOE HARTANTO salam sukses berkelimpahan. 🙂

  • Asep saepul rohman

    Taun ini saya harus bisa mendapatkan penghasilan pasif…amin

  • Tommy

    InsyaAllah paling lama tahun 2013 ini juga. amin

  • soepartinah

    hallo pak joe…saya baru bisa membeli 1 rumah itupun kredit…rencananya mau di kontrakin tapi ternyata harga kontrak tidak bisa menutup biaya cicilan. apakah rumah ini bisa jadi pasif income saya bagaimana caranya?

  • Kang Uwais

    Sebelum pertengahan tahun ini saya harus bisa ikut workshop Pak Joe… Akhir 2014 harus sudah mencapai kebebasan finansial…!!
    Salam sukses berkelimpahan Pak Joe… 🙂

  • krida

    walau saya “pengacara”,target th ini mesti nginjak KL, negri2 Arab, atau Eropa. th 2012 sbg “pengacara” target cuma satu yg hasil, nginjak lagi Singapore. Alhamdulillah

    youtube downloader

  • sesegera mungkin

  • 1 Tahun

  • herli

    Insya Allah maksimal 2 tahun.

  • Paling lama 1 tahun dari sekarang…

  • sebuah sindiran yang dalam buat kita pencari harta. Harus diperhatikan lagi tujuan kita hidup itu seperti apa

  • pasive income pertama saya pada tahun 2015/ sebelum saya umur 30 tahun

  • kun

    3 tahun pas sy berumur 40 tahun

  • RIFAN RISDIYANTO, ST

    SATU TAHUN…!!!!!!!!

  • Wiwik

    2-3 tahun, Pak

  • arw

    1 tahun penuh tentunya dengan kerja keras…..

  • Suherman

    5 Tahun lagi

  • enung

    ya btul sekali memang begitu umumnya yg terjadi, tapi apa orang yg sedang dalam keadaan bangkrut seperti saya bisa juga punya penghasilan pasif seperti yang di sarankan pak joe, kalau harus bayar biaya trainning saya juga gak ada dana nya, sebenarnya sangat tertarik.

  • Tuti

    Insya Allah 1 tahun lagi, saya sudah berencana 3 bulan lagi resign

  • TOVIK

    2~3 TAHUN IMPOSIBLE UNTUK MEMBUAT SYSTEM YANG BISA BEKERJA UNTUK KITA..CUKUP LAMA WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENCAPAI HAL TERSEBUT 5 S/D 10THUN ITU RASIONAL DAN PERLU PERJUANGAN YANG SANGAT KERAS,..KITA BOLEH MIMPI TAPI YANG REALISTIS DAN DENGAN PERHITUNGAN YANG MATANG,..SAYA YAKIN SETELAH MEMBACA APA YANG DISAMPAIKAN DIATAS ANDA LANGSUNG BERNAFSU UNTUK SEGERA BEBAS FINANCIAL NAMUN ANDA JANGAN LUPA FAKTOR X YANG PERLU KITA PERTIMBANGKAN,..SEBAGAI CONTOH SAYA INGIN CERITA LEBIH DETAIL BAGAIMANA BAPAK KITA “JOE HARTANTO” MENDAPATKAN PINJAMAN 600JT DARI BANK SEHINGGA BISA MEMBELI KONTRAKAN SEHARGA 500JT SEPERTI YANG DICERITAKAN DIBUKU BAPAK.(MOHON PENCERAHAN)DETAIL PADA SAAT BERHUBUNGAN DAN MELOBI ORANG BANK SAMPAI AKHIRNYA BAPAK MENDAPATKAN KONTRAKAN TERSEBUT ATAS NAMA BAPAK.MUNGKIN HAL INI YANG PERLU BAPAK SEDIKIT SHARE KE KAMI SEBAGAI ORANG2 PEMIMPI..DAN SAYA AKAN SUPPORT TERUS PROGRAM BAPAK GUNA MEMBANTU ORANG DINEGRI TERCINTA INI..SALAM SUKSES..GOD BLES YOU SIR MR.JOE HARTANTO. SALAM TOVIK

  • bambang

    kalau saya 3-10 th

  • indra

    InsyaAllah tahun ini terakhir kali saya mengandalkan penghasilan pada aktif income…….. Aamiin….

  • Bambang H

    Saya sudah 57 tahun, menjelang pensiun.
    Target penghasilan pasif tahun ini juga, tapi terus terang blm punya gambaran.
    Pak Joe bisa bantu? 🙂

  • saya harap sih sebelum tahun 2013 berakhir, saya sudah mendapatkan kebebasan uang dan waktu…

  • furqon

    insya allah 1 tahun lagi pak 2013 ini

  • Yesneti

    Insya Allah di tahun 2013 ini bs terwujud, Aamiin..!

  • vinsensius suryono

    3 tahun lagi adalah target saya untuk mencapai kebebasan finansial dan waktu… amin…
    semoga dan harus tercapai..!!!

  • insyaallah 4 th lagi…
    pak joe, boleh tau info workshop hongkong yang tgl 7 april 2013 gak pak?
    untk materi nya apa saja n apa juga ada sesi konsultasi pribadi pak?terimakasih untk waktu dan jawabannya sebelumnya, salam sukses berkelimpahan!
    whatsapp : +85266417161 (dari hongkong)

  • antono

    Sebelum saya berumur 25th…saat ini saya berumur 22 tahun..penghasilan aktif saya selalu membayang bayangi kehidupan..saya pasti bisa…trims

  • Momon

    Ingin sih kebebasan waktu tapi masalahnya kalau usaha saya di delegasikan sama orang lain dan hasil pasif incomnya 1 bulan sekali saya dpt. gimana untuk biaya hidup kebutuhan sehari-hari sedangkan usaha yg dilegasikan disetorkannya sebulan sekali. Gimana ya pemecahannya? mohon solusinya…

  • haris

    action th 2013, semoga
    mohon dukungannya..

  • widodo subejo

    2019 Insya Allah,

  • gangga

    desember 2015

  • muchlis

    sudah donk
    pny usaha kecil2an tp bs menikmati hasilnya

  • haryo

    5 thn !!!!!…..

  • bahtiar

    Semoga seAmielum 4 tahun ke depan….
    Amiinn yaa ALLAHU RAbbi….!

  • Priwan

    2 tahun lagi..

  • edys

    3 th yakin bisa

  • hengky

    insyaallah sebelum 2 tahun…aminnn

  • Venty FS

    Desember 2016….PASTI !!!

  • steven mubari

    Saya Yakin Bisa saya dapatkan dalam kurun waktu 1 tahun. karena sekarang saya sudah mulai membangun bisnis yang bisa memberikan penghasilan pasif. thanks pak joe atas cerita nya.

  • Danang

    insya Allah 2th !!

  • Yess!! kita harus punya Target dan Tujuan. Jangan terus jadi Kambing conge yg terus menerus panut sama BOSS ( yang tidak ubahnya seperti kita dijajah pd jaman dulu harus kerja rodi).
    Untuk suatu perubahan, menuju kehidupan yg lebih baik, punya arti, bernilai, dan bermanfaat bagi banyak orang ( mencapai kesuksesan yang sejati yakni Bebas Waktu dan Bebas Uang), jangan ditunda-tunda Mulai dari sekarang! saat ini, dan Seterusnya.
    Kenapa harus ditunda sampai 1-5 tahun kedepan, cape deh!! Kelamaaaan. Mulailah dari Sekarang!!! Ubahlah cara berpikir dan bertindak kita, Ambil Keputusan untuk suatu Perubahan ke arah yang lebih Baik dan SUKSES!!.
    Tentukan, Kendaraan yg tepat yang akan menghantarkan kita kegerbang kesuksesan. Menuju Kebebasan Waktu dan Uang.
    Salam Berbagi..

    by@sepcucu_bdg

  • achmad fauzi

    Insya Allah 2 Tahun…..

  • ronald

    Waktu Ideal Untuk mencapai
    Kebebasan FINANCIAL dan WAKTU adalah :
    (3)TIGA TAHUN dari SEKARANG!

  • john

    puji syukur…… semoga 3 tahun lagi bisa mendapatkan passive income… amin….

  • Insyallah 1 thun lagi….amin

  • muzakkir

    Kira kira dua tahun lagi…

  • janter

    1 tahun dari sekarang. Amin.

  • Ferry FA

    mdh2an 2 tahun kedepan, sebenarnya ada peluang tapi blm tau caranya tuh untuk meraih peluang itu.boleh coatching pak joe?

  • Dyah

    Semoga di tahun ini juga…

  • Ageng Naryana

    3 Tahun, insya Allah…

  • hartini

    Target 2015 harus punya pasif income.

  • kiki

    emang caranya gmana bisa dapet penghasilan pasif? bingung nih jadinya….apa gw yg oon ya hehehehe

  • supriatna

    Insya Allah,2 tahun Lagi.

  • irwan affandi

    2 TAHUN LAGI. 2015. INSYA ALLAH.

  • Secepatnya, 6 Bulan kedepan saya harus Passive Income,,Amiin ya Rabb

  • faisal

    1tahun

  • rudi

    SATU BULAN sajah….

  • khozin mudakir

    mdh2an desember bs ikut trainning ama pak joe.sy pengin cepet2 action, tp ragu2 menghadapi penjual n bank. Sy butuh trainning untuk memantapkan hati sy segera action.

  • setahun ini memburu massive income, rencana passive income 3 tahun lagi, insya Allah.

  • muhammad gatot

    lebih cepat lebih baik, 2th untukku yaitu 2th sebelum pensiun, thanks pencerahan dan inspiirasinya

  • sutriono

    salam dahsyat.
    usia saya skarang 25 tahun dan 5 tahun lagi di usia 30 saya harus punya pasif income….

  • andi sirait

    hanya satu tahun kedepan yang saya butuhkan untuk mendapatkan penghasilan pasif,,,,,,,

    karena kekayaan hanya bisa dimiliki orang yang memiliki hati menjadi orang kaya,,,,,,,, hehehe. Terima kasih Pak Joe Hartanto atas motivasinya…..

  • andi sirait

    2 tahun lagi saya akan merubah pola pendapatan saya dari pendapatan aktof menjadi pendapatan pasif.

  • setahun ini memburu massive income, rencana passive income 3 tahun lagi, insya Allah.

  • setahun ini memburu massive income, rencana passive income 3 tahun lagi, insya Allah.

  • 4 tahun kedepan, 2018 ketika umur saya 26 tahun!!!

  • 4 tahun kedepan, tahun 2018, umur 26 tahun

    pengusaha, penulis, dan motivator. insya Allah

  • 5 thn lagi saya akan bebas financial, amen

  • 1 tahun target saya ingin bebas dari segala hutang,dan passive income yang sesesungguh nya.
    kenapa yang sesungguh nya? sekarang pun saya bebas waktu tapi tdk pernah bebas dari hutang.sebelum nya saya tdk pernah terfikir untuk punya kost-kost atau kontrakkan padahal istri saya pernah menyaran kan utk punya kost2san atau kontrakkan,pada waktu itu saya jawab aah… modal nya gede dapat nya sedikit.mending bisnis alat berat aja dp 250jt kredit 2 thn tiap bulan dapat 30 jt setelah di kurangi leassing dan operasional,lunas lalu jual dapat uang cash 600 jt,kredit lagi.apa yang terjadi kemudian bisnis pertambangan lesu saya pun kena imbas nya 6 bln stop tdak ada kegiatan/pengahasilan sementara leassing dan karyawan tetap harus di bayar belum lagi pengeluaran rumah tangga akhir nya uang simpanan pun habis,jual asset,msh bln cukup + hutang baru utk menutupinya.setelah itu saya baru terfikir utk punya bisnis lain
    PCM yang di ajarkan oleh pa joe hartanto menjadi salah satu solusi bisnis passive income
    yang sesungguh nya.sekarang saya sdh mulai merintis bisnis kontrakkan (skr sy sdh punya dan sdg persiapan juga untuk membangun yang lebih besar 40 pintu di lahan seluas 2500 meter)dan sedang persiapan juga bisnis supplier bahan bangunan.saya teringat pepatah cina “jangan pernah menaruh telur dalam satu keranjang”

  • Zakariya

    InsyaAllah lima tahun lagi…

  • teddy

    Insya Allah Tahun 2015, semua impian akan terwujud, kebebasan finansial dan waktu….amiin. Thanks Pak Joe..

  • 5 thn lagi saya akan bebas financial, amen

  • wisnu mujianto

    2016 SEMUANYA TELAH AKU PROGRAM UNTUK PENDAPATAN PASIF

  • budi satria

    Juni 2014 rumah kost ku yg pertama menghasilkan. berlanjut dengan guest, lanjut terus, lanjt terus, jadi tahun Desember 2015 aku bebas financial.

  • mas benz

    3 tahun

  • secepatnay, ngapain lama-lama. artikel menarik sekali …

  • sukemi

    Dear pak Joe Hartanto,

    Sehubungan dengan kebijakan pemda DKI menaikkan pajak bumi dan bangunan yang cukup signifikan sekitar 100%, bagaimana dampak terhadap bisnis property. Bagaimana pendapat pak Joe Hartanto.

    Terima kasih

    Sukemi Kadiman

  • gin

    Tahun ini saya mulai dan mulai berhasil

  • Dani

    Mengapa harus mengkhawatirkan style kerja dan cara hidup orang lain? Kalau itu membuat mereka hidup dan enjoy..itulah sebenarnya hidup..yaah mungkin dia senang koleksi property yg plus poolnya..Setiap diri kita sudah punya peranan masing2

  • Target saya untuk mendapatkan kebebasan uang, dan kebebasan waktu satu tahun saja 🙂 6 bulan saya sudah mendapatkan kebebasan uangnya. Dan 6 bulan seterusnya saya akan mendapatkan kebebasan waktunya 🙂 Trims atas artikelnya yang mencurahkan pak Joe!

  • secepatnay, ngapain lama-lama. artikel menarik sekali …

  • sutris

    2015 harus bebas finansial

  • secepatnay, ngapain lama-lama. artikel menarik sekali …

  • ade sahputra

    insyaallah 5 tahun lagi 🙂

  • Figli Bombach

    Satu tahun lagi pensiun,setelah itu mantab ( makan tabungan ) mungkin satu tahun kedepan lagi mulai ada pasif income,..insyaAllah.

  • probosiwi

    itulah kelemahan sebagian banyak orang,terjebak dengan yang disebut”waktu”bila kita merenung agak lebih dalam maka akan ditemukan bahwa waktu berada dalam “keabadian” dan memiliki stabilitas yang tinggi.Kita hanya berenang dalam yang di analogikan sebagai “samudera waktu” yang tak bertepi.Kesimpulannya kita tidak perlu berpikir atau mencoba mencari tepinya waktu seperti “sekarang”,”sehari”,”sebulan”,”setahun” dst..dst tetapi kita nikmati saja kehidupan ini seperti para driver dan pembantu-pembantu rumah tangga tsb walau mungkin mereka berada dlm tekanan ekonomi toh masih mampu menikmati kenyamanan hidup melalui fasilitas kenyamanan yang “dibengkalaikan”tuannya,mereka menjadi hebat dapat memanfaatkan peluang yang muncul dari tuannya ketika tuannya sibuk mengembangkan investasinya…..hebat

  • Tiga tahun sy insya Allah bebas keuangan dan waktu

  • Kasdiman Sinaga

    Targert saya 2,5 tahun lagi, atau tahun 2017 saya memiliki kebebasan uang dan waktu. Tulisan Pak Joe sungguh menginspirasi dan semakin membuka pikiran saya. Maju dan fokus terus!!!!!!!!!!!!!!

  • eko

    InsyaAllah 1 tahun

  • Dua tahun lagi dari sekarang, Insya Allah.

  • Dua tahun lagi dari sekarang, Insya Allah.

  • Mantabzzz Pak Joe…
    Itulah yg saya impikan..
    Dapat penghasilan pasif walaupun kita sedang tidur.

  • dua tahun lagi dari sekarang Insya Allah.

  • dua tahun lagi dari sekarang Insya Allah.

  • 5 tahun kedepan insya Allah !

  • Luar Biasa< <<.

  • kukuh

    6bulan
    kedepan maret 2015

  • 4 sampai 6 bulan lagi InsyaAllah……..

  • target saya, 6-7 bulan kdepan hrs bs mendapatkan pasif income.

  • 6 Bulan saja. Gak usah lama-lama…

  • walalu di usia yang masih muda dan pengalaman belum full terjangkau, saya yakin jika di dalam hati bertekad untuk bisa kaya tanpa terbelenggu hal apapun, action mulai sekarang, hari ini, pasti kesuksesan yang di harapkan semakin cepat tercapai, maka mulailah action sekarang karena saya yakin orang yang bisa menjawab pertanyaan disini dengan target waktu yang mereka sebutkan itu belum pasti bisa tercapai di waktu yang mereka inginkan itu, mungkin bisa lebih lama lagi, SO ACTION NOW, pasti dengan do’a dan usaha kita akan dituntun oleh yang maha kuasa, salam sukses, terima kasih.

  • haerudin

    Umur sy skrng 20 tahun, InsyaAllah 3 tahun lg sy sudah punya passive income 🙂 #ACTNOW

  • Sy belum bisa menentukan kapan Sy akan bebas financial…karna setelah sy memulai sudah dpt untung…lalu Sy beli lagi yg lain…..sehingga uang yg benar2 di pegang hy bertahan sebentar..karn beli lagi…ini cara sy ber investasi yg salah…tlg pk joe gimana caranya supaya kt bebas financial…trimakash.

  • Cucu oki

    20 10 2020, target realistis saya Pak!!

  • Ap iya ? Aq ingin bukti kebenarannya

  • awal tahun 2014 Insya Allah

  • awal tahun 2014 Insya Allah

  • Gun

    saat ini juga komandan……. SIAP GRAKKKK !!!!!!

  • Gun

    saat ini juga komandan……. SIAP GRAKKKK !!!!!!

  • Satu tahun yang akan datang, In shaa Allah bisa mencapai kebebasan financial dan waktu dengan pasif income.

  • 3 tahun lagi, InsyaAlloh….

  • 3 tahun lagi, InsyaAlloh….

  • Ahmad

    Insya Allah… 2 tahun lagi…

  • 5 thn lagi saya akan bebas financial, amen

  • 5 thn lagi saya akan bebas financial, amen

  • Komitmenku, sebelum umur 30 tahun, saya harus memiliki kebebasan uang dan waktu secara bersmaan. Man jadda wajada.

  • dwinur

    Bismillah…target Desember 2018

  • Selama anda hidup pasti terikat waktu sampai ajal menjemputmu. Berpikir dan berjiwa besar untuk membantu saudara kita yang terkena musibah dan yang miskin mungkin bisa menambah waktumu di dunia. Bebas dari waktu kalau waktumu pendek apalah gunanya.

  • 2 tahun lagi

  • wiwiek ruminarti

    Pak Joe thanks utk perhatian dan ajakan bergabung dlm ush mendptkan passive income. Jujur saya merasa sdh sgt tua, dgn usia 71th, rumah pribadi ada, mobil pribadi ada, sdh haji dan umroh, kebebasan waktu sgt tersedia msh bisa nyopir mengendarai mobil kemana aja bisa, berlibur ke Eropa dan Australia sdh. Passive income dari bunga tabungan di Bank utk menunjang kehidupan sehari-hari nambah uang pensiun dari suami saya dapatkan. Soo apkh saya tidak serakah klo masih ingin bergabung di program pak Joe. Anak 2 org kembar, yg satu sdh wafat setahun yg lalu. Keduanya dosen PNS di PTN. Biarlah mereka punya jalan hidup dan rejeki sendiri. Oleh karena itu mohon maaf saya ingin memadamkan keinginan utk bergabung dlm program pak Joe yg sgt bermanfaat utk ananda2 yg masih muda2 dan msh panjang kedepan jalan hidupnya

  • 2 tahun lagi

  • 3 bulan lagi pak, tp caranya gmn ya…

  • 5 tahun lagi. 🙂

  • DUA TAHUN DARI SEKARANG. AMIN

  • Dua tahun lagi saya pasti bisa bebas waktu…..aamiin

  • hendra donal

    Saya baru mulai menanam pasif income. Target saya th. 2018 sdh memiliki bnyk pasif income sehingga sdh memiliki kebebasan financial & waktu. Amin YRA.

  • satu tahun harus bisa dan pasti bisa..!!!!

  • Insyaallah ..
    Dalam waktu satu tahun setengah
    Amiin ..

  • roy mustofa

    salam amazing,.
    kapan.?
    sekarang.
    berapa lama waktu.?
    secepat waktu itu berputar.

  • Insyallah 5th lagi..:)

  • akbar

    Impiam besar sya pak Joe, 5 th dr sekarang 2015, sya hrus sdh bsa mncapai kebebasan waktu dan fiancial. Sprti sran pk Joe d buku propeerti Cash Mechine, target sy 1 th 1 properti cash machine.sehinnga 5 th mendtng, impian besar sy sdh mempunyai 5 propeerti cash mechine yang mendtgkan kebebasan waktu dan uang, hingga sy bsa menikmati pasif income dr properti trsebut. Aminnn.

    Salam berkelimpahan pak Joe.

  • 1 tahun

  • 1 tahun

  • semoga tahun 2015 menjadi tahun kesuksesan…

  • terima kasih artikelnya yg sudah membuat pikiran saya kena virus kesuksesan dari pak joe,dan semoga 2015 ini saya bisa mendapatkan semua yg sudah pergi dan kembali kesaya.

  • Sdh setengah bulan saya resign dari pekerjaan saya, rumah msh kredit, gmana caranya mau fasif financial, aktif financial az udh megap-megap. Mau ikut training biaya g ada, trining nya sich mantap banget

  • Sdh setengah bulan saya resign dari pekerjaan saya, rumah msh kredit, gmana caranya mau fasif financial, aktif financial az udh megap-megap. Mau ikut training biaya g ada, trining nya sich mantap banget

  • Sdh setengah bulan saya resign dari pekerjaan saya, rumah msh kredit, gmana caranya mau fasif financial, aktif financial az udh megap-megap. Mau ikut training biaya g ada, trining nya sich mantap banget

  • Purnama Dewa

    1-2 tahun pasti bisa…insyaAllah