Home » Q & A

Q & A

Q : Setelah membaca buku “Property Cash Machine” maupun berbagai artikel di website ini, saya sangat tertarik untuk mengikuti 2 hari weekend workshop “Property Cash Machine”, kapan dan bagaimana cara saya mendaftarkan diri pada workshop yang terdekat?

A : Untuk jadwal, lokasi penyelenggaraan, biaya dan cara mendaftar workshop, silakan anda kunjungi dan isi form registrasi lengkap nama, alamat, email, no hp di www.propertycashmachine.com

Q : Saya adalah seorang awam dalam dunia investasi properti, apakah saya akan dapat mengikuti materi workshop Property Cash Machine dengan baik?

A : Materi workshop dirancang untuk berbagai kalangan dengan sangat detil, sistimatis sehingga sangat mudah diserap oleh seorang yang awam maupun yang sudah berpengalaman dalam berinvestasi di properti.

Share your comments on Facebook:

57 Comments »

  • Yayang said:

    setelah membaca buku Propety Cash Machine, dalam hati saya bertanya bagaimana caranya kita membeli property tanpa mengeluarkan uang,bahkan kita bisa mendapat modal , sedangkan yang saya tahu semua bank pasti meminta DP untuk Financing

  • Tata said:

    Pak Joe, saya sudah baca buku Property Cash Machine. Saya banyak dapat pencerahan tentang investasi properti yang selama ini saya baca dari buku2 Robert Kiyosaki dan Dolf de Roos. Saya tertarik sekali untuk mengikuti workshop yg akan bapak adakan. Saya mau bertanya apa mungkin seorang dengan penghasilan 3,4 juta per bulan bisa mengambil kredit KPR untuk rumah senilai 300 juta – 800 juta? Setau saya besar cicilan maksimal yg disetujui bank hanya sekitar 35% dari total penghasilan (yg artinya dari penghasilan 3,5 juta brarti kemampuan kredit hanya sekitar 1 juta). Padahal saya ingin sekali investasi di rumah kos2an dan memanfaatkan cashflow-nya utk bayar cicilan. Mohon solusinya pak Joe. Saya sedang mengumpulkan uang jg untuk modal ikut workshop Bapak tgl 27 ini di Jakarta. Terima kasih sebelumnya. Gbu.

  • lucy rachmala said:

    BRAVO Pak Joe…!!!

    Lucy sdh baca buku Property Cash Machine akan join workshop 27-28juni.
    Buku practical & komperhensif! Hopefully bermanfaat optimal. Amin.
    Terutama SALUT Pak Joe mau sharing.

    Ada 6 pertanyaan:

    1.APA guidence cari AREA properti hot deals? dekat rumah kita? Lucy tinggal @jaksel / area prospektif mis jaksel jakbar / apa?

    2.RUMUS 100:10:3:1 @buku Real Estate Riches by Dolf de Roos GIMANA CARA lebih efektif utk jadi less effort more output? misalnya dg jam terbang/pertajam intuisi/more knowledge…?

    3.Beli properti agunan Bank kreditur gagal bayar GIMANA dpt CashBack?

    4.GIMANA CARAnya dlm 1 waktu dpt KPR beberapa properti karena record kita dianalisa tranparan oleh BI (betul ya?).

    5.GIMANA detil Perjanjian Kerjasama/Konsorsium yg win-win?
    Tipe orang2 seperti apa yg tepat diajak kerjasama?

    6.Pertanyaan sensitif menyangkut kondisi Lucy sesuai konteks sbg investor…bole dpt ALAMAT EMAIL PRIBADI Pak Joe?

    Thanks never ending Pak Joe.
    Sampai ketemu @workshop 27-28 juni @hotel Ciputra jakarta.
    Lucy Rachmala

  • Fadil Anwar said:

    saya sangat ingin sekali ikut workshop yang bpk adakan,akan tetapi setelah melihat biayanya dgn keadaan sekarang saya pasti gak akan sanggup,menurut bapak aopakah metode yg bapak ajarkan lewat buku bapak sdh bisa membuat saya action dgn penuh keyakinan?saya adalah orang yg ingin sekali berbisnis tapi saya belum ada mentor yg tepat untuk membimbing saya maukah bapak jd mentor saya agar saya sangat yakin sekali untuk terjun kebisnis ini karena ditempat saya tinggal peluang bisnis ini sangat besar sekali, mohon jawabannya segera tks

  • makmun said:

    pak joe, Apakah mungkin saya bisa memiliki property, sementara saya tidak mempunyai modal, dan penampilan saya juga kurang meyakinkan.

  • esti said:

    salam pak Joe, saya baru baca setengah dari buku Anda & tidak sabar untuk ikut workshop bapak, namun saat ini kondisinya saya tidak bisa pergi ke luar kota. Saya berdomisili di Bandung, kapan kira-kira bapak mengadakan workshop (lagi) di Bandung?
    Regards,
    Esti

  • mugeni said:

    saya sangat minat di bisnis properti, dimana saya bisa gabung di forum untuk menambah ilmu & relasi di dunia properti?

  • anderson said:

    salam sukses pak joe..perkenalkan saya seorang mahasiswa bandung, saat ini belum berbisnis dan belum punya penghasilan sendiri..apa yang harus saya lakukan untuk bisa memperoleh properti pak ? kalo untuk kos2an dengan menunjukkan cash flow yang akan berjalan kemudian hari apakah bank mau mengapprove KPR ini pak ?? terima kasih untuk jawabannya dan ditunggu di email saya..
    salam sukses pak joe..

  • agung said:

    Saya udah baca web dan buku karangan Pak Joe, dan kapan rencana ada acara workshop di kota Solo untuk waktu yang dekat ini, karena kalau saya lihat dischedule yang ada di web belum ada jadwal. Thanks

  • Lukas Riva Hendrawan said:

    Kapan workshop “Property Cash Machine diadakan kembali di kota solo?Saya baru saja mendaftar jadi peserta lewat http://www.propertycashmachine.com tapi saya ingin mengikuti di kota solo.Mohon informasinya ya…. Terima kasih.GBU!

  • rudi said:

    saya juga awam dalam hal bisnis property, begitu mendapat info dari teman (dia juga hanya dapat info dari beberapa teman bila mau baca buku, baca aja property cash machine terbitan gramedia). saya beli dan baca, pertanyaan saya apa mesti membeli property itu yang sudah ada “penghasilannya” (menghasilkan)..karena pihak bank tidak mau kasih kredit utk beli rumah padahal sangat strategis untuk dibuat sekitar 10 kamar kos (estimasi harga pasar per bulan 1 juta untuk sewa kos, total 10 juta, net 8 juta penghasilan per bulan) harga jual property 650 juta (belum dinegosisasikan)..mohon solusinya, terima kasih (mohon maaf bukan maksud untuk tidak mengikuti workshop namun saya harus meyakinkan diri sebelum benar-benar terjun ke lapangan)

  • saifurrahman said:

    Pak saya mau tanya
    1,saya baru merintis usaha .belum punya NPWP, siup,TDP
    sedangkan itu salah satu syarat pinjem uang dibank.
    bagaimana caranya pak….

    2. sertifikat property yg kan dibeli.
    bagaimana caranya ? khan belum lunas pak ..kok sertifikatnya udah dikasih kebank
    sedangkan biasanya tunggu lunas dulu baru penjual kasih sertifikat yg asli. (penjual khan takut kasus penipuan kalo sertifikatnya dikasih tapi blum lunas..?

  • Moch. Amar Ma'ruf said:

    Selamat siang Pak.Joe.
    Salam sukses

    Kapan ada workshop di Surabaya.
    Saya sudah beli bukunya, baru baca sedikit sudah panas nih.

    Rgrds,

    Amar
    Alumni EU-3 Pasuruan

  • Christian said:

    Salam sukses Pak Joe..
    saya sangat terpukau setelah membaca buku pak Joe..tetapi saya selalu berpikir bisakah saya langsung benar2 mempraktekan ilmu yg bapak tuliskan di buku, tanpa mengikuti workshop..hal ini bukan karena saya dengan sengaja tidak mau mengikuti workshop Pak Joe..
    hal ini karena saya belum mempunyai uang sendiri untuk mengikuti seminar yang Pak Joe adakan,maaf sebelumnya Pak Joe..
    selain itu saya ada pertanyaan, pada buku Pak Joe halaman 75, saya sedikit bingung mengenai perbedaan nilai aset pasar dengan pinjaman dana bank?
    Apa perbedaan potensi keuntungan saat beli dengan cash back (uang lebih)?
    in conclusion: sebelum kita membeli property kita harus dengan jelas bertnya kepada pemilik apakah properti tersebut memiliki cash flow atau tidak? beserta seluruh perhitungan modal sperti pendapatan sewa, biaya operasional,dll? apakah itu tidak menyinggung perasaan si penjual?
    (“ini orang belum psti beli,tp tanya2 panjang lebar!”) maklum, saya msi awam sekali dalam dunia properti..
    mohon bantuannya Pak Joe..Salam sukses selalu buat Bapak…
    GBU…

  • Joe Hartanto (author) said:

    Dear All,

    Maaf ya baru sempat dibalas sekarang maklum ditengah kesibukan saya harus membagi waktu antara Bisnis, Mentoring EU di seluruh Indonesia, ekspansi bisnis baru, untuk keluarga dan tentunya untuk upgrading terus ilmu2 baru dengan membaca buku2 terbitan Luar Negeri, surfing di internet, dan ikut Workshop di Luar Negeri yang mana pada akhirnyapun akan kembali saya sharingkan kepada Anda semua…..:)

    Secara general saya membaca 2 hal:
    1. Pertanyaan tentang pembiayaan Bank dan perhitungan teknis analisanya.
    2. Informasi Workshop terbaru

    Saya akan coba jawab satu persatu

    Untuk pertanyaan pertama tentang pembiayaan Bank dan perhitungan teknis analisa dalam melihat suatu properti memang saya akan bahas dalam Workshop 2 hari Full dari jam 8.30-17.00 WIB, dalam hari pertama saya bahas dan guiding para peserta untuk menemukan dan mematahkan Mental Block dalam diri mereka untuk berinvestasi di properti bagi yang ingin tahu apa saja hambatannya silahkan Download Video Gratis saya di http://www.propertycashmachine.com

    Nah di hari kedua baru saya bahas tuntas beserta simulasi game Property Hunting dimana setiap peserta aktif berpartisipasi agar lebih yakin lagi bila Action di lapangan.

    Untuk pertanyaan teknis dan detail informasi Workshop terdekat silahkan anda isi form registrasi di page Event& Workshop web ini atau di http://www.propertycashmachine.com. Anda akan mendapatkan update informasi yang terbaru dari saya dan Team Property Cash Machine Workshop

    Untuk jadwal Mentoring EU saya di kota Anda, dapat Anda tanyakan dan koordinasikan dengan pengelola EU setempat ya?
    Kalau di kota Anda saya sudah pernah mengisi mentoring di angkatan sebelumnya, berarti kemungkinan besar saya akan mengisi juga di angkatan Anda.

    Nah bila di kota Anda belum pernah sekalipun saya mentoring? Silahkan Anda tanyakan pengelola EU Setempat kenapa masih belum ada jadwal mentoring saya di kota anda ya? Karena pada prinsipnya saya tidak pernah membatasi mentoring hanya di kota2 tertentu, tapi kebanyakan saya dibatasi oleh waktu, sehingga kalau mau jadwal saya sudah harus booking dari setahun sebelumnya.

    Semoga bisa menjawab semuanya ya secara umum, sekali lagi bukan saya yang membatasi tapi tetap waktu juga yang ada batasannya

    Salam Sukses
    Joe Hartanto

  • yanto said:

    salam sukses pak joe,

    saya yanto tinggak dijakarta, saya sudah beli buku bapak yang sangat bagus dan telah banyak memberikan ilmu, sampai habis tu buku saya baca tapi yang jadi pertanyaan saya, akan sangat mudah sekali bisnis property untuk yang banyak uang dengan gaji gede, tapi bagaimana yang hanya punya penghasilan kurang lebih 2 juta per bulan, sedangkan kita pinjam uang ke bank ada syarat tabungan 3 bulan terakhir, sedangkan kita ga pernah nabung walaupun untuk dp ada, apa mungkin bisa di acc. walaupun kita yakin mampu mebayar dari uang sewa yabg kita dapat.

  • Joe Hartanto (author) said:

    Dear Yanto,

    Salam Sukses!! Luar biasa sekali semangat Anda untuk terus belajar tercermin dari pertanyaan anda.

    Mengenai cara mengajukan pinjaman ke bank, memang tepat sekali yang dikatakan Yanto bahwa bank akan melihat perputaran rekening kita selama 3 bulan kebelakang untuk memperkirakan kemampuan bayar anda.

    Dalam workshop Property Cash Machine selama 2 hari Full saya jelaskan semua Tips dan Trik agar anda sukses menerapkan ilmu yang didapat lengkap berikut analisa transaksi dan contoh kasus yang Nyata terjadi di Indonesia. Bahkan bila Anda beruntung kadang ada alumnus yang sudah berhasil menerapkan ilmu ini datang hadir di workshop.

    Bahkan setelah workshop anda dapat berkenalan dengan alumnus workshop sejak angkatan 1-17 dalam Forum Joe Hartanto Consultation Club, dan mendapatkan bimbingan langsung dari saya baik di forum ataupun via telepon.

    Hal ini sengaja saya kemukakan karena justru bimbingan langsung dengan saya setelah workshop itulah yang membuat alumnus sukses !!

    Jadi saran saya anda ikuti workshop yang terdekat di http://www.propertycashmachine.com

    Sampai Jumpa di Workshop

    Salam Sukses!!

  • Delfian said:

    Dear Pak Joe,

    Saya mau bertanya, saya telah memiliki hutang baik sekitar 500jt untuk properti saya dan saya berniat menambah lagi tetapi jika melihat klasifikasi yg pak joe berikan sy br masuk tingkatan antara SMP mau ke SMA, apakah memang dimungkinkan bank menambah hutungnya ke saya krn ROI dr property sy kurang dr 10%?
    Saya ada niat ikut workshop anda tetapi sy takut dlm 3 bln tidak dpt menambah properti sy (krn masalah hutang tersebut), sehingga menjadi mubazir. Maka dari itu mohon sedikit pencerahannya.
    Terima kasih

  • Joe Hartanto (author) said:

    Dear Delfian,

    Pertanyaan anda pasti akan terjawab dalam workshop Property Cash Machine 2 hari FULL PLUS konsultasi selama 3 bulan ….

    Sampai jumpa di jadwal berikutnya 8-9 Mei 2010 JKT

    Sampai Jumpa di workshop!!!
    Salam Sukses

  • dedik said:

    Pak Joe, mengadakan workshopnya di malang atau kota di jatim???

  • hendy said:

    salam sukses pak joe
    saya sudah membeli buku propertycashmachine nya sejak stgh tahun yang lalu dan menurut saya bukunya cukup bagus,tetapi ada banyak mental block yg menyebabkan saya tidak bisa take action…kira2 bisa tidak y minta pencerahan dari pak joe?
    Saya tinggal di medan sumatera utara pak,dan Rata2 harga sewa rumah disini kurang dari 5% setahun…saya sudah membaca kl menurut bapak itukan rata2,tapi jumlah property di medan kan tidak sama dengan di Jakarta dan kota2 besar lainnya yang sangat2 terbatas..disini lahan kosong masih banyak,dan banyak developer masih membangun daerah2 baru..banyak sekali saya jumpa property yang seharga 500jt disewakan Cuma seharga 20jt (<5%/th)..bagaimana kita bisa menyewa diatas 5% kl misalnya tetangga2 kita menyewanya dengan harga yg lebih murah?pernah saya ingin menyewa rumah seharga 300jt hanya ditawarkan seharga 8,5 jt..itupun saya di bisik oleh tetangganya ada yg mau sewa cm 7jt.belum lagi kalau ketemu penyewa yang bandel,mungkin hasil dari sewa tidak mencukupi untuk merenovasi kerusakan yang di timbulkan..
    pertanyaan kedua saya dalam hal membayar cicilan.. sering saya baca di buku property karya Robert kiyosaki,dolf de ross,tung desem,dsb kalau membayar cicilan dengan OPM(other people money) dan kalau bisa kita punya bisnis atau uang yang cukup dalam hal mana tau terjadi hal2 yg tidak diinginkan pada property kita..nah yang jadi pertanyaan di sini ialah bagaimana kalau seperti misalnya saya punya bisnis,tetapi masih rugi(namanya bisnis pasti ada naik turun) dan berharap bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis property…sudah cashflow saat ini negative,cashflow dari property negative (krn beberapa sebab,misalnya tidak ada tenant,dsb) pula…memang si saat ini saya memiliki cadangan capital yang cukup untuk 1 tahun rugi..tapi bagaimana kl tetap rugi??apakah investasi ini tidak cocok buat yang py bisnis tapi rugi dan berharap bisa memperbaiki perekonomian?
    Nah cash back yang di dapatkan mungkin saja bisa di gunakan untuk modal bisnis,dsb…masalahnya kan gak semua orang pintar bisnis?bukankah hal tersebut menjadi boomerang pak joe? saat ini saya memiliki modal,tapi tidak tahu mau usaha dimana lagi selain bisnis yg saat ini sedang rugi..mau kerja ma orang,saya bosan jadi karyawan krn kl kl jadi karyawan susah kaya..
    Saya sudah melihat testimony sdr.cien wan(medan),tapi seperti biasanya yg namanya usaha pasti ada yang luar biasa prestasinya..tapi kan tdk bisa dilihat dari prestasinya semata..misalnya krn beliau org MLM,pasti banyak relasinya dan teknik marketingnya pasti hebat…bagaimana dengan kami yang sama sekali tdk py basic di marketing dan kerjanya Cuma dibalik meja gak banyak keluar menemui orang?
    Maaf pak joe banyak pertanyaan,bisa jadi ini hanya mental block saya saja…saya berminat mengikuti seminar bapak,tapi permasalahan seperti diatas sangat mengganggu saya,terutama dari membayar cicilan perbulan (tanpa mengurangi cicilan dengan memperbesar DP)..kira2 bisa dibantu pak untuk permasalahannya?
    Terima kasih sebelumnya..

  • Rahdian said:

    Dear pak Joe,

    Saya dah baca buku Bapak ,sekarang saya coba praktekan ilmunya tentang beli property malah dapat uang atau cash back, saya dapat ruko seharga 125 jt, bagaimana supaya saya bisa cash back dari ruko tersebut dan berapa pinjaman yang harus saya ajukan ke bank? Terimakasih dan sukses selalu buat Pak Joe.

  • Tonny said:

    Salam sejahtera pak Joe,
    Saya Tonny tinggal di wilayah Timur Indonesia. Saya telah membeli buku anda dan banyak buku PROPERTY lainnya.Saya mempunyai keinginan yang sangat KUAT umtuk berinvestasi di bidang PROPERTY khusus property komersial ( ruko-ruko dll ). Saya yakin bisa berhasil seperti anda dan Robert T.Kiyosaki.
    Tolong bantu saya pak Joe,
    Saat ini ada sebuah kos-kosan 12 kamar mau dijual dgn harga Rp.750 JUTA.
    Saya tertarik pak utk memiliki.!Apa yg harus lakukan pertama-tama..?
    Thank you pak Joe( sekecil apa yg sampaikan saya yakin akan sangat membantu saya)
    Tonny Lim 085737829999

  • Govinda (igo) said:

    Pak joe, saya ingin sekali ikut seminar bapak. tapi saya masih ragu, karena saya takut setelah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mendaftar seminar, saya tidak berhasil menerapkan ilmu yang bapak berikan. kondisi saya saat ini sebagai karyawan di perusahaan swasta. gaji yang didapat (kurang dari 2 juta) saya rasa tidak cukup untuk mendapat persetujuan KPR atau sejenisnya. Selain itu,saya juga tidak memiliki aset apapun untuk digunakan sebagai anggunan. Apa di dalam seminar ada penjelasan tentang cara untuk mendapat modal dari bank dengan kondisi saya yang seperti ini?

  • Joe Hartanto said:

    Buat semuanya,
    Maaf saya karean kesibukan saya baru sempat membalas pertanyaan pertanyaan anda sekarang. Tidaklah mungkin menjawab satu persatu semua pertanyaan dari para pembaca buku saya melalui email, sms, FB, website dan lainnya, oleh karean itulah saya menyelenggarakan 2 hari workshop plus bimbingan selama 3 bulan. Dari seluruh pertanyaan anda semua diatas, benang merahnya semua sama, yaitu keraguan. Keraguan adalah sumber dari segala kegagalan, untuk menghilangkan keraguan anda perlu jawabann yang tepat, dan jawaban itu semua akan anda dapatkan dengan mengikuti workshop Property Cash Machine, silakan ikuti jadwalnya di http://www.propertycashmachine.com (jadwal terdekat adalah Jakarta 13-14 November 2010)

  • Catur said:

    Pak Joe, tolong dijawab lebih detail lagi pertanyaan no.2 dari sdr. TATA ( 11 juni 2009 ), soalnya itu adalah pertanyaan saya juga. bagaimana mengatasi batasan 30% dari penghasilan oleh bank, sedangkan gaji yang di dapat tidak memungkinkan ambil KPR lagi?

    Sebenarnya ini juga yang masih membuat saya ragu untuk ikut seminar bapak.

    Trimakasih pak Joe

  • Joe Hartanto said:

    @Catur,
    Terima kasih atas pertanyaan anda. Jika anda cermati dari jawaban2 saya diatas, saya sudah jelaskan, bahwa saya akan kupas tuntas semua pertanyaan mengenai perbankan HANYA didalam workshop PCM selama 2 hari. Mengapa demikian? disamping keterbatasan penjelasan melalui tulisan, banyak sekali tips dan trik yang tidak mungkin saya bahas di sini, dan hanya bisa saya jawab di workshop, mohon maaf saya tidak bisa memenuhi permintaan anda di sini.
    Jika anda ragu, apakah pertanyaan anda bisa terjawab di workshop selama 2 hari, itu adalah sesuatu hal yang amat wajar, saya amat mengerti. Tapi saya juga tidak mengharuskan anda untuk mengikuti workshop selama 2 hari untuk mengetahui jawaban pertanyaan anda bukan?. Jika anda percaya anda bisa dapatkan jawaban pertanyaan anda di workshop, silakan anda gabung di workshop PCM jadwal terdekat berikutnya, tapi jika anda belum percaya, silakan anda baca2 dulu testimoni para rekan rekan alumni sebelumnya, sampai anda merasa yakin dan percaya, kemudian silakan anda bergabung di workshop PCM terdekat.

    Salam sukses,
    Joe

    NB : sekedar info saja, Sdri. Tata sudah mendapatkan jawaban detail atas pertanyaannya dalam workshop PCM 2 hari tgl 27 Juni 2009 di Jakarta. Terima kasih

  • onny said:

    Pak Joe,boleh saya mendapatkan informasi dari Bapak dimana saya bisa dapatkan frenchasy 10 jutaan.Terima kasih.Terima kasih atas ilmu yang bapak beikan kepada saya.

  • idi said:

    Salam Pak Joe

    Saya baru baca buku Pak Joe dan cukup mendapat pencerahan, tapi apakah yang diajarkan hanya untuk rumah kost aja ya pak, karena emang yang paling masuk akal, bisa penghasilan bulanan……terus bagaimana pendapat bapak terhadap Cipto Junaedy yang teorinya bertolak belakang banget (anti Robert Kiyosaki), dan bagi saya juga tidak masuk akal.
    Terimakasih

  • Joe Hartanto said:

    @Idi
    Pak Idi terima kasih buat pertanyaannya. Jika anda baca dan cermati lebih dalam di buku Property Cash Machine, saya membagikan semangat pada para pembaca, bahwa kebebasan keuangan dan waktu seperti yang diajarkan oleh para penulis dari luar Indonesia adalah sangat mungkin dicapai dan diwujudkan oleh semua orang di Indonesia. Dan salah satu cara mencapai kebebasan uang dan waktu adalah melalui investasi properti, yang mana kebetulan kebanyakan contoh yang ada di buku adalah perhitungan rumah kost. Tetapi hal tersebut bukan berarti, strategi yang saya ajarkan hanya bisa berlaku buat rumah kost saja, dalam praktek dilapangan banyak variasi atau jenis properti lainnya juga.

    Untuk pertanyaan anda selanjutnya, menurut pendapat saya, setiap orang bisa saja mempunyai pendapat yang berbeda, strategi yang berbeda, cara penyampaian ide yang berbeda, sepanjang orang tersebut memiliki etika dan tidak menjelekkan atau menjatuhkan pendapat orang lain bagi saya masih wajar saja.
    Tetapi jika sudah tidak sependapat, tapi orang tersebut menjelekkan atau menjatuhkan strategi yang dijelaskan orang lain, kita mestinya cukup pandai melihat apa motivasi sebenarnya dari orang tersebut?
    Jika kita cukup pandai melihat motivasi dibalik tindakan seseorang, siapapun itu, maka kita tidak akan jadi bingung…..

    Pak Idi, apakah anda pernah mendengar cerita tentang kodok di dalam ember?
    Jika anda belum pernah mendengar, baiklah saya ceritakan sedikit disini. Jika kita taruh beberapa ekor kodok didalam sebuah ember kecil, coba anda amati apa yang dilakukan oleh para kodok tersebut dalam usahanya untuk keluar dan membebaskan dirinya dari ember? dalam usaha mereka untuk keluar dari ember, para kodok tersebut menginjak teman temannya untuk melompat ke atas dan menjulurkan lidahnya ke atas untuk menggapai tepian ember.Kodok2 tersebut tidak peduli dengan nasib teman teman yang diinjaknya, yang penting mereka sendiri bisa bebas dari ember. Apa hubungannya dengan pertanyaan anda? silakan anda artikan sendiri…… dan saya rasa anda dan para pembaca buku lainnya di Indonesia saat ini sudah cukup cerdas untuk menilai isi dan kualitas tulisan dari sebuah buku.

  • fadil mubarok said:

    Dear Pak Joe,
    Setelah membaca buku Bapak lagi,ada yang ingin saya tanyakan:
    Seandainya saya pengangguran yang baru memulai wirausaha , bisakah saya mendapat kredit dari bank?
    Terima kasih Pak Joe

  • amiruddin said:

    Salam Sukses Pak Joe,
    Saya bingung setelah baca buku PCM, apakah mungkin bagi saya dapat kredit dari bank dengan nominal yang besar, padahal saya hanya mahasiswa+karyawan yang memiliki gaji rata2 1jt?

  • Widodo said:

    Dear Pak Joe,
    Saya memang belum ikut wiorkshop PCM tetapi saya mengikuti tulisan-tulisan bapak di website ini dan website propertycashmachine.com, dan saya juga telah order buku bapak yang ke dua, karena saya sangat tertarik dengan investasi di dunia Property apalagi dengan ilmu yang bapak ajarkan. Saya akan ikut workshop terdekat di Jakarta pak.
    Mungkin saya yang pertama menanyakan hal ini atau mungkin ada sebelumnya saya mohon infonya, begini pak Joe, apakah seseorang yang dalam status black list BI masih bisa menerapkan ilmu2 yang bapak ajarkan ?, apakah masih memungkinkan memiliki Property tanpa uang ?, karena kalau untuk KPR sepertinya itu hal yang mustahil untuk seorang black list BI. Apakah ada solusi yang bisa ditemukan di workshop bapak ?

    Mohon Info pak.
    Sampai jumpa di workshop terdekat di Jakarta.

    Terimakasih.

  • harris said:

    dear pak joe,
    setelah saya amati sepertinya bapak gak pernah mengadakan seminar di semarang,semarang kapan pak ada workshop pak? kalo ada di semarang saya ikut deh pak.
    salam,
    harris
    nb.kabariya pak kalo ada seminar di semarang.

  • Bernard said:

    Dear Pak Joe,

    Saya sudah membaca buku Anda dan memang luar biasa, sangat praktikal!

    Pertanyaan saya 1 saja :

    Jika kita sudah mendapatkan properti hot deal yang Cashflow nya positif, berarti kita sudah aman dalam hal pembayaran cicilan ya…

    Namun jika kita mengambil termin 15 tahun untuk cicilan, apakah aman jika kita hanya mengandalkan bisnis yang menghasilkan cashflow positif dari properti tersebut? Padahal yang namanya bisnis kan ada naik turunnya?

    Mohon pencerahannya…

    Terima kasih…

  • Hardy Purnama Sidiq said:

    Pak Joe Saya Mau Bertanya … Bisa Tidak Mengembangkan property dengan Cara mengagunkan Sertifikat Rumah Pertama … Untuk membeli Rumah kedua dan mendapatkan sertifikatnya, kemudian untuk memperbanyak rumah agunkan sertifikat rumah kedua untuk mendapatkan rumah ketiga begitu seterussnya hingga mendapatkan rumah ke 4 …dst …

    Mgkin kelebihannya dg cara ini saya pikir kita bisa transaksi lebih cepat …

    Mohon Pencerahan ..
    Terima Kasihh

  • winarso said:

    Pak Joe, saya sudah baca buku Property Cash Machine. Saya banyak dapat pencerahan tentang investasi properti yang selama ini saya baca dari buku2 property. Saya tertarik sekali untuk mengikuti workshop yg akan bapak adakan. Saya mau bertanya apa mungkin seorang dengan penghasilan 3,5 juta per bulan bisa mengambil kredit KPR untuk rumah senilai 300 juta – 800 juta? Setau saya besar cicilan maksimal yg disetujui bank hanya sekitar 35% dari total penghasilan (yg artinya dari penghasilan 3,5 juta brarti kemampuan kredit hanya sekitar 1 juta). Padahal saya ingin sekali investasi di rumah kos2an dan memanfaatkan cashflow-nya utk bayar cicilan. Mohon solusinya pak Joe. Saya sedang mengumpulkan uang jg untuk modal ikut workshop Bapak tgl 18 dan 19 februari 2012 ini di Jakarta. Terima kasih sebelumnya.

  • opik said:

    Salam Sukses Mas Joe
    Perkenalkan saya taufik dari Tegal seorang karyawan swasta
    Saya sudah baca 2 buku Mas Joe dan ingin sekali mengikuti seminar mas joe, namun sebelumnya ada yang ingin saya tanyakan dan kalo nunggu waktu seminar terasa lama msh 1 bln lagi, saya mau menanyakan bagaimana caranya dapat pembiayaan dari bank sedangkan kalo pengajuan dibank pasti yang ditanyakan selain jaminan juga usaha atau penghasilan, kalo mimpi saya beli properti sekita 1m pling gak saya harus ada usaha yang mempunyai penghasilan 75jt perbulan, itu caranya gimana….
    terrima kasih

  • Joe Hartanto said:

    halo teman2 semua , Terima kasih atas pertanyaan anda. Kembali sy mengulang jawaban saya terutama menyangkut pembiayaan dan perbankan.Jika anda cermati dari jawaban2 saya diatas, saya sudah jelaskan, bahwa saya akan kupas tuntas semua pertanyaan mengenai perbankan HANYA didalam workshop PCM selama 2 hari. Mengapa demikian? disamping keterbatasan penjelasan melalui tulisan, banyak sekali tips dan trik yang tidak mungkin saya bahas di sini, dan hanya bisa saya jawab di workshop, mohon maaf saya tidak bisa memenuhi permintaan anda di sini.
    Jika anda ragu, apakah pertanyaan anda bisa terjawab di workshop selama 2 hari, itu adalah sesuatu hal yang amat wajar, saya amat mengerti. Tapi saya juga tidak mengharuskan anda untuk mengikuti workshop selama 2 hari untuk mengetahui jawaban pertanyaan anda bukan?. Jika anda percaya anda bisa dapatkan jawaban pertanyaan anda di workshop, silakan anda gabung di workshop PCM jadwal terdekat berikutnya, tapi jika anda belum percaya, silakan anda baca2 dulu testimoni para rekan rekan alumni sebelumnya, sampai anda merasa yakin dan percaya, kemudian silakan anda bergabung di workshop PCM terdekat.

    Salam sukses
    Joe Hartanto

  • ardhi said:

    pak joe, dimohon diadakan workshop di kota tegal. setelah saya membaca saya tertarik untuk mempraktikannya , dan yang menjadi mental block saya adalah apakah saya bisa meyakinkan bank ? saya belum kerja tidak berpenghasilan…

  • scriptgratis said:

    Menurut saya KUNCI semua investasi termasuk di properti jika mau berhasil tidak lain adalah ANALISA & HITUNGLAH, hitung lagi, analisa lagi dst karena setiap keadaan bisa berbeda baik suku bunga kredit, harga deal, biaya administrasi, cicilan per bulan, dan terpenting bank melihat SEBERAPA besar kita mampu nyicil per bulan berdasarkan BUKTI OTENTIK rekening gaji, besarnya gaji dan pekerjaan kita. Semoga maju terus.

  • Joe Hartanto (author) said:

    Betul sekali….Kunci sukses strategi investasi PCM adalah spt yg Anda jabarkan…..Analisa dan Hitung dengan baik sebelum ambil keputusan. Untuk itulah dalam 2 hari workshop PCM, seluruh peserta di persenjatai dengan cara menghitung dan menganalisa sebuah prospek apakah termasuk hotdeal atau bukan, bahkan sampai kami berikan software untuk mempermudah dan membantu menghitungnya.

  • Joe Hartanto (author) said:

    @pak Ardhi,

    Dalam hidup ini intinya semua itu mungkin dan bisa , “ada banyak kemungkinan diluar sana”, yang membatasi hanya kemampuan berpikir kita masing masing. So berpikirlah kreatif, belajarlah untuk selalu berpikir diluar kotak yang berpagar…
    Mengenai workshop di luar kota, hingga akhir thn sy tdk rencanakan itu.Untuk jelasnya silahkan coba di cek dengan team saya di cs@propertycashmachine.com
    Salam sukses berkelimpahan

  • Arisman Siregar said:

    Kapan daerah Medan Pak!!

  • Joe Hartanto (author) said:

    @Arisman
    Pak Arisman,seperti yg telah sy sampaikan diatas,sy blm berencana utk keluar kota.Hal krn profesi sy bukanlah pembicara seminar yg bisa setiap minggu mengadakan seminar.Sy hanya bs mengadakan di Jkt dan ini jg krn berkaitan dgn kesibukan sy sbg property investor dan pemilik bbrp divisi usaha.Utk jadwal luarkota hanyalah sy adakan bila tdk bentrok dgn jadwal hunting property :).
    Saran sy silahkn agar pak Arisman ikut kelas di Jkt bila memang besar impian dan hasrat pak Arisman utk menjd property investor handal.
    Silahkan hub team sy di 0857-80100033 atau di cs@propertycashmachine.com (sertakan pula nama & HP)

    Salam sukses berkelimpahan

  • tri yusgiyanti said:

    salam dasyat pak Joe,saya adalah orang yang belum tau apa2 tentang dunia bisnis tapi saya yakim saya pasti bisa menjadi seperti bapak saya akan berusaha mengikuti seminar yang bapak adakan bagamanapun caranya.amin

  • Joe Hartanto (author) said:

    @Tri Yusgiyanti , sy akan tunggu kehadirannya.siapkan diri serta ingat utk membaca buku PCM dahulu yah :)

  • arlius said:

    salam investor pak.
    Pak saya seorang mahasiswa, menurut bapak apakah benar kalau kita mau pinjam uang dibank minimal kita sudah bekerja 3 tahun. Lalu solusinya seperti apa, seandainya bapak di posisi saya, saya lulus tahun ini.
    Untuk investasi PCM apakah ada harga khusus mahasiswa ya pak???
    terimakasih

  • Ray said:

    Selamat pagi pak joe. salam sukses untuk kita semua.
    Saya seorang karyawan swasta di perusahaan electronic jepang saat ini saya sudah bekerja selama 1 tahun lebih. saya sangat tertarik dengan bisnis properti sedkit cerita pak joe. pada hari jumat bulan juni tepatnya saya hendak pulang ke rumah saya di daerah cibinong dari tempat kerja saya, ketika itu ban motor saya bocor kemudian saya tambal di pinggir jalan tepatnya di daerah cililitan. waktu tu ada seorang bpak2 menghampiri saya dan bertnya2. saya kerja dmna? dan mau pulang kemana? kmudian saya tnya balik bpak tersebut mengenai aktivitasnya ternyta dia seorang pebisnis properti di bilangan bintaro. dia sudah banyak menangani properti di bilangan tersebut dan banyak meraup keutungan hingga miliaran rupiah. awalnya saya hanya mengganggap itu hal biasa sja. namun seiring berjlannya waktu kta2 bpak tersebut ternyta ada pembuktiannya. dari situ saya mulai mencari tahu dan ingin lbih tahu tentang bisnis properti dan secara tidak sengaja saya menemukan website e-learning PCM dan website joehartanto.com. saat ini saya sudah membaca artkel2 tentang pak Joe dan ternyta saya menemukan kesamaan dengan bapak yg saya temui di cililitan. namun saya masih menemukan kendala pak jOe. pertma modal untuk ikut workshop? dan dukungan dari istri saya. ketika saya mengirimkan artikel2 pak joe ke e-mail kntor istri saya. istri saya mengatakan tidak tertarik pdahal di tpt kerjanya dia menangani design bangunan dan RAB. untuk saya sangat butuh bimbingan dari pak joe dan apa yang sya hrus lakukan tindakan apa yg sya hrus sya ambil saat ini? apakah ketika saya terjun kepada bisnis properti saya harus resign dari tpt kerja saya? sudah lama saya ingin terjun ke dunia bisnis karena saya punya cita2 untuk pensiun muda sebagai karyawan/buruh. saya ingin sukses melalui jalur bisnis dan usaha.
    sbelumnya maaf jika saya terlalu banyak bicara dalam testi ini.
    terima kasih. salam sukses

  • william said:

    Salam investor pak.

    Pak, kapan workshop di medan ?

  • Joe Hartanto (author) said:

    Salam sukses berkelimpahan pak William.Saat ini Property Cash Machine hanya berfokus di Jakarta.Kiranya berkenan silahkan ikut kelas terdekat di tgl 31Aug-1Sep 2013.silahkan hub team PCM di 0857-80100033 atau di cs@propertycashmachine.com

  • Gordon said:

    Selamat malam pak Joe.

    Sy sdh lama sekali ingin mengikuti workshop bapak. Tapi krn hny ada di Jkt dan biayanya cukup mahal, timbul pertanyaan GOBLOK dari saya yaitu:
    Sudah berapa ratus atau ribu murid bapak yg telah ikut workshop ini dan ada berapa % (persen) dari mereka yg berhasil?

    Kalau 99,9 % mereka berhasil semua (walau tingkat keberhasilannya tdk hrs sama semua, tapi minimal modal biaya pelatihan yg telah dikeluarkan dapat kembali 4 kali lipat saja bs kembali), saya yakin rata2 org yg masih bergaji maksimal 3jt/bln, pasti bersikeras utk ikut workshop ini.

    Pertanyaan ini muncul atas keraguan yg ada pada diri sblm salah ambil keputusan.
    Terima kasih bila bpk berkenan menjawab ke-raguan2an saya.

  • Adistia Kumbara Ary Santi said:

    saya sudah baca buku Pak joe, terimakasi atas ilmunya. luar biasa, cuma saya belum jelas dengan testimoni pak agus yang sampai menjual hp istri untuk ikut workshop, dalm keadaan tak berpenghasilan gimana bisa dapat kredit bank? padahal kredit itu yang dicairkan adalah 30% dr penghasilan kita? jdi harus berpenghasilan dulu kan?

  • Joe Hartanto (author) said:

    Halo bpk atau ibu Adistia , ketika jual HP untuk ikut workshop adalah hal yang luar biasa dari seseorang bernama pak Agus untuk merubah kehidupannya.Ketika pak Agus sudah mengetahui teknik dan strategi nya serta disertai konsultasi dengan saya selesai ikut workshop maka pak Agus pastinya tahu cara mendapatkan kredit bank.Penasaran kan ?Tapi perlu saya ingatkan bahwa kelas PCM bukan lah kelas sulap yang simsalabim 2hari kemudian langsung dapat property hotdeal.Perlu proses,perlu waktu dan pastinya perlu mengerjakan PR yang diberikan.Untuk info lebih detil tentang workshop bisa di buka link http://www.propertycashmachine.com/workshop/ .Semoga membantu.Salam sukses berkelimpahan :)

  • Adistia Kumbara Ary Santi said:

    saya sudah baca buku Pak joe, terimakasi atas ilmunya. luar biasa, cuma saya belum jelas dengan testimoni pak agus yang sampai menjual hp istri untuk ikut workshop, dalm keadaan tak berpenghasilan gimana bisa dapat kredit bank? padahal kredit itu yang dicairkan adalah 30% dr penghasilan kita? jdi harus berpenghasilan dulu kan?

  • Ferdinand said:

    selamat siang pak joe,
    saya seorang mahasiswa yang sebentar lagi akan lulus. seperti yg saya baca pada tulisan bapak bahwa mahasiswa juga bisa menjalani bisnis ini. saya memiliki pertanyaan pak. apakah saya yg belum berpenghasilan ini bisa meminjam di bank dengan umur saya yang baru 22 thn? saya hanya btuh jawaban “bisa / tidak” jika bisa saya akan berniat langsung mengikuti seminar bapak. tks

  • Santi said:

    Saya BMI hongkong yg bln lalu mengikuti seminar P Joe…
    Stelah ikut seminar P Joe sangat berambisi bisa mengikuti workshop dn memprakteksn ilmu yg P Joe bagikan.Tapi karena kontrak kerja yg mengikat sehingga sy harus sabar menunggu sampai kontrak kerja berakhir.Tapi sy tdk mau menunggu dn menyerah begitu saja sy terus berusaha hunting property di daerah malang melalui internet.Dan sdh ada beberapa kriteria property yg ingin sy beli.
    Tapi yg jd pertanyaan sy…bagaimana caranya sy bisa mendapatkn pembiayaan dr bank sementara dokumen masih atas nama pemilik??
    sangat berharap jawaban dr P Joe!!
    terima kasih …

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.