RAHASIA BESAR para orang “Kaya”

Beberapa waktu yang lalu, saya ingat kembali sebuah nasihat bijak dari salah satu orang yang saya kagumi dan telah banyak merubah cara saya berpikir tentang kesuksesan.

Walaupun saya belum sempat bertemu beliau secara langsung, tetapi saya sudah menganggapnya sebagai salah seorang guru dan sahabat terbaik, yang selalu setia menemani dan memotivasi, disaat saat saya kelelahan dan kesepian, suara dan motivasi beliau melalui audiobooknya lah yang selalu menemani saya dalam perjalanan pergi dan pulang  bersepeda ke tempat kerja di 7 Eleven, sewaktu saya 2 tahun merantau di US.

Beliau jugalah yang telah membuat Anthony Robbins berubah kehidupannya dari seorang tukang bersih WC, menjadi seorang pembicara dan pelatih sukses kelas dunia.

RAHASIA BESAR para orang Kaya - 1

“Poor” people have BIG TV at their home, but “Rich” people have BIG Library at their home”

Demikian nasihat almarhum Jim Rohn, yang tanpa saya sadari sudah berhasil saya dan istri saya,  PRAKTEKkan selama ini.

Ketika tahun lalu,  saya dan istri, akhirnya memutuskan untuk memilih dan membeli TV sendiri, untuk di rumah kami, hal itu kami lakukan, setelah kami menunda keputusan tersebut selama hampir 15 tahun.

Ya benar Anda sedang tidak sedang salah membaca, hampir 15 tahun kami telah berhasil menunda keinginan kami untuk membeli TV sendiri, bahkan bukan hanya TV, tetapi kulkas, dan juga beberapa perlengkapan elektronik rumah lainnya.

Kami memilih untuk tetap memakai berbagai perlengkapan elektronik lama, pemberian orang. Walaupun sebenarnya kami mampu beli sendiri semua “mainan” itu, tetapi selama ini kami menundanya, karena kami memilih untuk PRAKTEKkan salah satu rahasia besar orang sukses dan “kaya” yaitu prinsip DELAYING GRATIFICATION.

Selama 15 tahun ini, berulang kali kami telah membeli big flat screen TV, tetapi bukan untuk kami, tetapi untuk para penyewa properti2 kami dan bisnis2 kami, dan sementara itu pula selama 15 tahun ini, kami lebih memilih untuk menginvestasikan uang dan waktu luang kami, bukan untuk membeli dan menonton TV, tapi pada buku-buku, seminar-seminar dan training-training  yang telah dan akan mengubah dan memberdayakan kehidupan kami untuk selalu menjadi lebih baik lagi, lagi dan lagi.

Buat para sahabat yang masih bingung, DELAYING GRATIFICATION atau menunda kesenangan jangka pendek untuk kesenangan jangka panjang adalah prinsip dan rahasia besar para orang sukses dan kaya.

Tetapi prinsip sebaliknya yaitu Instant Gratification atau tidak mampu menunda kesenangan jangka pendeklah yang membuat kebanyakan orang hidupnya gagal dan bangkrut.

Oh ya, prinsip menunda kesenangan ini bukan maksudnya kita tidak boleh beli atau punya TV di rumah lho ya, please deh… tolong, jangan diartikan sesempit itu, tetapi maksudnya adalah menunda kesenangan kesenangan sesaat yang tidak begitu penting, untuk sesuatu yang jauh lebih penting dan untuk tujuan jangka panjang.

Contoh kongkritnya lainnya yang kami terapkan adalah kulkas, saya ingat kurang lebih 3 tahun yang lalu, istri saya Wei Wei saat itu sedang mengajak anak kami Nadya ke toko elektronik untuk memilih dan membeli TV, kulkas, microwave dan mesin cuci baru. Dan saat itu, Nadya dengan keluguan seorang anak usia 10 tahun, komplain berat dengan mommy-nya, dia bilang begini “Mommy ini gimana sih? Kulkas di rumah kita sendiri, udah tua dan jelek, udah seumur aku, tapi tidak diganti yang baru, malah sekarang mommy beliin kulkas dan perangkat elektronik baru untuk orang lain yang menempati apartemen sebelah yang baru kita beli?”

Ya betul sahabat, kami membeli berbagai peralatan elektronik baru untuk penyewa yang menyewa salah satu unit apartemen kami, tetapi kami sendiri tetap memilih  menggunakan berbagai peralatan elektronik tua yang usianya sudah di atas 10 tahun. Itulah salah satu contoh kongkrit prinsip DELAYING GRATIFICATION yang kami terapkan, dan membuat kehidupan kami jauh…. jauuuh…. jauuuuuh…. lebih baik dibanding kehidupan kami beberapa tahun sebelumnya, prinsip sama yang juga diPRAKTEKkan oleh para orang sukses dan kaya di seluruh penjuru dunia.

Contoh kongrit lainnya adalah, 2 orang sahabat baik kami, yang juga properti investor yang sukses. Sahabat yang satu tinggal di Kuala Lumpur, memilih untuk tetap menyewa rumah, padahal sahabat saya ini bersama istrinya sudah memiliki 11 buah aset PropertyCashMachine yang menghasilkan penghasilan pasif untuk mereka. Sedangkan sahabat baik kami lainnya di Jakarta, memilih untuk tetap tinggal di salah satu kamar kost bersama istrinya, padahal dia memiliki puluhan PropertyCashMachine, bahkan penghasilan pasifnya saat itu telah mencapai angka diatas 500 juta perbulan. Dan shhhhh…. Asal Anda tahu saja, Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia, juga menerapkan prinsip yang sama, beliau memilih untuk tetap tinggal di rumah sederhananya di Omaha sebuah kota kecil di US, yang dibelinya sejak tahun 1958.

Memang tidaklah mudah menerapkan prinsip DELAYING GRATIFICATION di jaman sekarang ini, dimana setiap hari kita di bombardir oleh iklan dan advertising yang menggoda kita untuk menerapkan hal sebaliknya, Instant Gratification. Situasi dan lingkungan yang “menggoda” kita untuk mengubah gaya hidup kita dengan sebentar sebentar mengganti gadget kita yang masih bagus, hanya dengan alasan sudah ketinggalan jaman, atau menukar mobil kita yang masih bagus, dengan mobil keluaran terbaru, karena tetangga kitapun melakukannya, atau menukar “mainan-mainan” kita lainnya, hanya karena kita takut di”cap” ketinggalan jaman atau “nggak gaul”.

Satu hal yang perlu disadari, saat Anda menerapkan prinsip ini, mental Anda harus kuat, bersiap siaplah menerima sindiran, ejekan atau celaan dari keluarga, teman, atau lingkungan sekitar Anda…..

Mungkin mereka akan bilang Anda pelit, kikir, nggak tahu cara menikmati hidup, dan lain lain. Saran saya, jangan dengarkan mereka, ingat peribahasa “Anjing menggonggong, kafilahpun berlalu” dan ingat apa tujuan besar Anda menerapkan prinsip ini.

Pengalaman saya, membuktikan orang orang yang berpikir dan mengatakan hal hal negatif tersebut akhirnya akan sadar juga, tetapi biasanya disaat semuanya sudah terlambat, saat itu mereka yang tidak mampu menerapkan DELAYING GRATIFICATION, masih tetap harus bekerja keras menukarkan waktunya untuk mendapatkan uang.

Sementara itu, bagi kita kita yang sudah menerapkan prinsip DELAYING GRATIFICATION, sedang bersantai menikmati hidup tanpa harus bekerja untuk uang, karena uanglah yang bekerja untuk kita.

Saya ingin tahu, apakah Anda sudah menerapkan prinsip atau rahasia orang kaya ini dalam kehidupan Anda? Silakan sharing di bagian komentar di bawah ini. Terimakasih!

Salam Sukses Berkelimpahan

Joe Hartanto

Join our new PCM E-Learning @ http://propertycashmachine.com/elearning

And

Join our training & coaching session @ http://propertycashmachine.com/workshop

“Tempatnya belajar cara cerdas membangun kekayaan melalui properti TANPA MODAL”

Joe Hartanto
 

  • burhani rahman hanif

    Delaying gratification..ini scara tdk lngsng d ajarkn orng tua saya..klimat yg slalu trlontar dr ayah saya..yg pwertama..ngapain beli klo bs bkin sndiri.??yg k dua..ngapain hape gunta gnti yg pntg masi bs d pke tlpon dn sms..yg kw tiga..jgn ikutin gengsi..gengsi g nkin kita bs makan yg ke empat..g ush bli kndraan baru..ap lg nyicil..mnsinf awkwn caah..yg pnting pny kndraan..bli aj vespa..atau spda..g bnyk pwrawatan…memang acra g ssdar kmi skluarga..ud praktekin delaying gratification..trims share nya pak joe

  • Ryan Yohanes

    Mulai saya terapkan sekarang pak Joe, terima kasih pak Joe jg bu Wei Wei ,,,,terus terang saya merasa MALU sendiri
    SAAT sharing sama bu Wei Wei,,,,beliau bijaksana, low profile, tapi kata2 Nya Dahsyat pak,,,,
    Selama ini saya kebawa Gaya HIDUP di HK yg serba Gaul…..hahahaa
    Pulang Dari Jakarta habis ikut Workshop , BUANYAK pembelajaran yg saya bs petik pak….saya siap mengeratkan
    Ikat pinggang saya .
    Terima kasih banyak pak Joe, GBU.

  • aulia ali

    nasihat yang mantap. jadi ingat pernah baca pulpen pak JK yang wkt itu wapres, ‘hanya’ pakai merek pilot yg harganya puluhan ribu, padahal duitnya ratusan M. saya akan praktikkan pak joe, terimakasih banyak 🙂

  • ruarrr biasa…. mudah2n bisa ketularan cara berpikirnya… tp alasan saya pada “mainan” itu bkn hanya irit aja, tp jg pada go green nya… salam sukses luar biasa pak joe!!!!! mudah2n bisa menjabat erat tangan bpk di seminar hongkong bln april 2013 mendatang….

  • Rudy

    Thank’s for your inspired article pak Joe…
    tapi karena keterbatasan daya pikir saya , saya masih belum bisa mengerti mengenai ungkapan bapak “Tempatnya belajar cara cerdas membangun kekayaan melalui properti TANPA MODAL” , karena untuk mengikuti seminar bapak saja saya masih belum punya MODAL. Mohon penjelasannya ya pak Joe.. Terima Kasih banyak… Salam berkelimpahan…

  • Reka Yusmara Mardiputra

    Sangat menginspirasi…terima kasih pak joe. Lebih baik dan sangat baik kita menjadi orang yang benar2 kaya, bukan orang yang pura pura kaya. Delaying gratificafion melatih kita menjadi pribadi yg Benar2 Kaya

  • fathony hasfa

    Salam Luar biasa Pak Joe,
    Terus terang saya belum bisa menjalankan DELAYING GRATIFICATION,Namun setelah membaca ini, saya akan mulai mencoba menerapkannya… Terima kasih Pak Joe … Semoga anda selalu memberikan motivasi2 yang bermanfaat bagi orang2 … SALAM BERKELIMPAHAN

  • Imron Samsuharto

    Menahan diri.., menahan diri.., dan menahan diri…

  • NURUDIN

    prinsip prinsip tersebut sudah saya jalankan 5 tahun ini dan alhamdulillah berjalan dengan semestinya

  • avie hary

    Artikel yg sangat menginspiratif. Terimakasih pak joe, salam sukses luar biasa.

  • Sudah sepuluh tahun lebih saya tidak nonton TV karena memang memilih tidak punya TV, tetapi saya punya banyak sekali buku yang membuat saya bahagia. Cuma kok belum kaya juga ya? Lol…

  • amin

    akan kita paraktekkan pak joe…sukses slalu

  • Ridwan Karawang

    Setuju Pak Joe, semoga saya bisa menerapkannya. amiin..

  • M GUNAWAN

    Luaarr Biaasaa Pak Joe,tidak bosan bosannya mengingatkan Real Investor Property.Hidup adala pilihan.Terima kasih Pak Joe.
    M Gunawan

  • Andi

    Kebetulan sy pake prinsip itu sejak 10 thn an lalu ,…sy msh menunda beli mobil baru,msh mobil lama thn 1991, tp uang u.beli mobil sy belikan asset tanah,…dan setuju ulasan diatas,..byk sindiran,ejekan,..tp pd saatnya sy akan memetiik hsl investasi sy..Org mengejek mobil sy jelek, tp asset sy sekarang bernilai lebih dari mobil baru he..he.. … Salam sukses u.pak jo jg

  • wawh,mantap artikel..
    memang tidak mudah menerapkan rahasia ini pak…

  • gani

    Bravo pak Joe….emang sulit pak utk bisa nerapin delaying gratification ini krn godaan yg luar biasa dr lingkungan sekitar kita, perlu tekad baja deh…dan sangat berkaitan juga dg istilah hemat krn semuanya bermuara juga ke istilah “hemat dan pelit” yg pernah pak joe bahas sebelumnya, namun ini semua sangat inspiratif pak joe, thans

  • Ayu

    terima kasih…
    betul-betul menghibur yang sampai sekarang sudah 10tahun lebih saya juga belum mengganti tv saya 🙂
    tetapi saya masih suka member hadiah pada member yang berhasil meraih challenge saya… dan juga hadiah pada customer loyal….

  • ferry

    Ada benarnya jg…tapi menurut saya bila kita udah merasa cukup…hidup jg harus dinikmati..buat apa kita diberi Tuhan banyak berkat tapi tidak bisa menikmati berkat tsb…thx

  • Darmaji

    saya sdh menerapkan DELAYING GRATIFICATION.
    sampai sekarang ini utk financeal fridem, untuk terus ber investasi dan salah satunya sy beli buku dan vcd property machine chase pak joe.

  • Asral Mashuri

    Luar biasa pak Joe, very inspiring indeed… 🙂

  • Sudah pak,
    tapi belum sempurna

  • eko

    kalau kita bisa terapkan DELAYING GRATIFICATION dalam kehidupan kita, mungkin memang bagus hasilnya dan saya sependapat. permasalahannya adalah tidak seorangpun yg tahu kita ini akan meninggal di usia berapa? nah…., pada saat keinginan kita ditahan2 utk sesuatu yg lebih baik dan belum tercapai, kemudian kita meninggal?…………. apakah tidak lebih baik apa yg ada sekarang ini kita nikmati (dalam batasan yg wajar), dan tentu saja tetap kita sisihkan sebagian untuk investasi sbg jaminan di masa tua nanti dan sebagian lagi untuk menyantuni fakir miskin dan anak yatim? bukankah harta melimpah bukan jaminan kita bisa bahagia? dan pada saat mati nanti harta tersebut juga tidak akan kita bawa kan? sebaiknya kita renungkan kembali, untuk apa sebenarnya kita ini hidup?

  • Mantap, sudah saya terapkan
    tapi belum sempurna

  • setuju pak

  • tarlia

    great pak joe,sy sudah 1 tahun mulay menerapkan DELAYING GRATIFICATION
    &mnggunakan gaji sy utk membangun aset! mudah2n kdpan ny bsa lebih di maksimalkan,,

  • didik fotunadi

    Excellent Pak Joe, yes, it’s 1000% right meskipun tidak mudah ditengah bombardirnya kehidupan konsumtif ….thanks motivasi dan ilmunya … sukses

  • terimakasih pa joe atas inspirasinya, sukses slalu pa joe.

  • top markotop….sangat menginspirasi saya Pak Joe…salam sukses selalu untuk Pak Joe.

  • mantab pak joe.. maju terus

  • mantap artikelnya pak, tq.

  • agung

    sangat inspiratif, masih akan menuju kearah sana dan akan saya daftar keperluan mendesak dan tdk terlalu mendesak. Smoga bisa melewati rintangan nafsu . Salam hormat saya dan sukses berkelimpahan.

  • Dani

    Mantap pak joe mulai detik ini akan saya terapkan delaying gratification.terimakasih ilmunya.

  • rosadi

    Saya jual mobil saya untuk di sedekahkan. Dan skr kalo pergi kerja saya pake motor, apakah itu termasuk delaying gratification?

  • Roman Gultom

    saya baru memahami benar prinsip Delaying Gratification setelah membaca dari blog pak joe, saya akan coba menanam kan prinsip tsb..mgkn saya akan merubah mind set saya pak joe..terimakasih atas info nya..salam berkelimpahan

  • Hebat DELAYING GRATIFICATION…. Prakteknya perlu komitmen dan managmnt pribadi yang kuat. Inspirasinya saya bilang HEBAT Pak Joe. Tks. Salam Berkelimpahan

  • luar biasa dan aya blm maksimal dalam menerapkan DELAYING GRATIFICATION.

  • luar biasa dan saya blm maksimal dalam menerapkan DELAYING GRATIFICATION.

  • Mantap Pak Joe…
    Tulisan yang bagus dan inspirasional. mengingatkan kita untuk selalu menahan diri untuk hal yang lebih baik.
    Terimakasih Pak Joe..

  • serius nich p’Joe, aq juga lagi coba praktekan delaying gratification spy bisa beli kios buat usaha jadi nantiny gak perlu lagi musti terus2an sewa kios org lain.

  • Sangat inspiratif. mengingatkan saya bahwa prinsip penundaan itu really it works banget. Thanks pak Joe

  • Tjing Pauw Djaja

    Poor people have big TV. Rich people have big LIBRARY. Nasehat bijak yg sederhana tapi sangat powerfull , thanks pak Joe atas share nasehat bijak nya saya suka sekali , sangat memotivasi dan bermanfaat bagi saya untuk lebih memaksimalkan prinsip delaying gratification. salam sukses berkelimpahan..

  • Delaying gratification….sebuah prinsip yang sangat bagus tp memang benar utk menerapkan prinsip tersebut kita harus siap mental dan itu tidak mudah….. tp akan aku coba, trima kasih pak Joe motifasinya…..

  • SEDERHANA. hidup dijalani, dunia dinikmati, harta dimanfaatkan, ilmu dibagi…… DAN BISNIS BEKERJA UNTUK KITA!

  • Malam, pa bagaimana solusinya, rumah saya sudah pada bocor n malahan mau rooh karena kayunya kena air setiap hujan, saya berencana mmbetulkan dengan tujuan supaya tidak ocor,

  • kenapa pak joe share, kan rahasia, hehe.
    saya tidak membeli tv sejak 2 tahun yang lalu, memilih jalan kaki setiap berangkat kerja daripada kredit motor, semua karena prinsip itu,, satu lagi, perpustakaan saya lumayan besar, hehe.
    salam sukses pak joe, suatu saat kita akan menjadi team, Gbu.

  • Sahabat sekalian, terima kasih untuk komentar2nya, membuat saya ingin terus terusan sharing apa yang saya tahu dan miliki dengan para sahabat sekalian….

  • Andi

    Sejak ikut workshop p. Joe sudah lsg dikenalkn oleh prinsip ini. Tp mmang blm
    Benar2 saya terapkan. Mulai skrg secara perlahan akan saya terapkan betul2 dlm kehidupan saya. Thx for continually inspiring p. Joe.

  • Sahabat sekalian, terima kasih untuk komentar2nya, membuat saya ingin terus terusan sharing apa yang saya tahu dan miliki dengan para sahabat sekalian….

  • duan

    Wah . . . Benar2 nasehat yang bijak

    Thanx Pak Joe

  • saya sudah menerapkan delay gratification sejak lima tahun yang lalu, saya tidak ganti hape sejak tahun 2008 🙂

  • Dedy Riyanto

    Luar biasa, makasih Pak Joe, sudah mau berbagi . Salam sukses berkelimpahan.

  • Ari Sadjiarto

    terima kasih pak Joe,
    baru saja saya dingatkan teman saya, dia bilang begini :” waktu jalan terus, jadi kita harus pandai memanfaatkan waktu. Kadang kita memang harus menunda kesenangan, dan kita bekerja extra, tapi masa depan anak2 kita aman. Tetap berjuang! karena ngga mungkin seumur hidup kita kerja apalagi ikut orang.” Saatnya kita memiliki apa yang dinamakan passive income!

    sekali lagi terima kasih atas pencerahannya…..

  • supriatna

    ..DELAYING GRATIFICATION..SAYA MAU MEMULAINYA.. PAk Joe
    Selama Ini,saya masih dibilang hemat..dan akan lebih hemat lagi dengan cara sasaran yg tepat..

  • wendi

    Thx pak pak jo. Salam sukses berkelimpahan. Saya ada yg sudah bd menerapkan delaying gratification tp ada yg lum yaitu soal makan diluar terus dikarenakan kesibukan dan tidak bs masak. Yg kita kira hanya sedikit tiap hari dan setelah dihitung perbulan jd lumayan besar. Jd sy akan belajar memasak.

  • Prinsip kesuksesan yang sederhana kalau dipraktekan pasti akan menjadi lebih sukses lagi.
    Terimakasih atas artikelnya pak

  • mantap …menunda kesenangan, bukan meniadakan kesenangan
    namun, perlu kesabaran yang luar biasa..

  • rohman

    cocok uncle jo, sy sudah mengikuti prinsip orang-orang yang sukses, Delaying Gratification sdh melekat dikepribadian sy, nggak tahu ya, tv aja sy belum anggap penting tuh,dan sy belum punya tv,mbl pinjaman mertua juga lebih nyaman meski sdh lama, dan belum kepikir ganti baru, dan malah terpikir buat usaha, daftar haji dan umroh setiap tahun. thanks uncle jo, sukses dan sukses.

  • indra

    Walau godaannya berat, tetap harus dipraktekkan ya pak! Trims atas ilmunya….

  • Achmad Widodo

    Betul, saya setuju pa Joe.., hidup sederhana untuk menunda sesuatu yang lebih baik, tinggal siap-siap bersabar saja, n tahan malu hehe

  • alhamdulillah pak, saya baru tau ada prinsip yg namanya DELAYING GRATIFICATION..dan kebetulan saya sudah menerapkan prinsip ini sebelum tau adanya ini..seperti halnya, saya lebih menyukai ‘menghamburkan’ uang untuk ikuti pelatihan2 dan seminar2 ketimbang beli gadget terbaru..bahkan ketika temen2 saya mengganti hapenya dgn android dan BB, saya masih dgn OS java dng layar kecil yg huruf2 ditombol aja udah gk ada gara2 udah saya pake >4taun dan sekrg saya sedang menjadi investor kecil2an di bisnis online diumur 22taun ini..hehe,
    insyaAllah klo ada rejeki, saya ingin mengikuti pelatihan property cash machine bpk joe hartanto..karena saya sedang membeli masa depan dengan harga sekarang..thanks pak joe, sukses untuk kita semua..dan salam KAYA! 🙂

  • alhamdulillah pak, saya baru tau ada prinsip yg namanya DELAYING GRATIFICATION..dan kebetulan saya sudah menerapkan prinsip ini sebelum tau adanya ini..seperti halnya, saya lebih menyukai ‘menghamburkan’ uang untuk ikuti pelatihan2 dan seminar2 ketimbang beli gadget terbaru..bahkan ketika temen2 saya mengganti hapenya dgn android dan BB, saya masih dgn OS java dng layar kecil yg huruf2 ditombol aja udah gk ada gara2 udah saya pake >4taun dan sekrg saya sedang menjadi investor kecil2an di bisnis online diumur 22taun ini..hehe,
    insyaAllah klo ada rejeki, saya ingin mengikuti pelatihan property cash machine bpk joe hartanto..karena saya sedang membeli masa depan dengan harga sekarang..thanks pak joe, sukses untuk kita semua..dan salam KAYA! 🙂

  • alhamdulillah pak, saya baru tau ada prinsip yg namanya DELAYING GRATIFICATION..dan kebetulan saya sudah menerapkan prinsip ini sebelum tau adanya ini..seperti halnya, saya lebih menyukai ‘menghamburkan’ uang untuk ikuti pelatihan2 dan seminar2 ketimbang beli gadget terbaru..bahkan ketika temen2 saya mengganti hapenya dgn android dan BB, saya masih dgn OS java dng layar kecil yg huruf2 ditombol aja udah gk ada gara2 udah saya pake >4taun dan sekrg saya sedang menjadi investor kecil2an di bisnis online diumur 22taun ini..hehe,
    insyaAllah klo ada rejeki, saya ingin mengikuti pelatihan property cash machine bpk joe hartanto..karena saya sedang membeli masa depan dengan harga sekarang..thanks pak joe, sukses untuk kita semua..dan salam KAYA! 🙂

  • Arya wibawa

    Artikelnya mantap Pak Joe sangat menginspirasikan sy menuju delaying gratification

  • saya usahakan ya pak. lumayan berat tuh pakj. heheh

  • Novianta

    Thanks atas sharing ilmunya pak Joe. Memang mental harus kuat dalam mempraktekkan delaying gratification, terutama dalam mempraktekkan dirumah tangga. Istri sering sekali mudah tergoda dan banyak menuntut pada saat saya concern dengan hal ini. Kapan ada workshop di Bali?

  • saya usahakan ya pak. lumayan berat tuh pakj. heheh

  • Mantapps…! semoga prinsip tersebut bisa saya terapkan.. amin

  • Rrrruuuuaaarrr biasa pak joe, thanks atas artikelnya yg sangat menarik, kalau saya mengartikan, PUASA dahulu baru LEBARAN bukan sebaliknya…salam dahsyat…Go Fight Win
    ID DBS6294560

  • saya sudah mulai menerapkan ini sejak saya membangun kos-kosan,6tahun yg lalu. saya membiarkan keramik kamar saya yang copot dan belum kamar mandi yang belum diganti keramiknya.saya lebih mengutamakan penambahan jumlah kamar kos dan memanfaatkan lahan yang ada,

  • ida

    Kedua Orang Tua saya dari dulu mengajarkan delaying gratification, dan sayapun menerapkan dalam hidup seperti itu,dan artikel ini menambah kenyakinan saya bahwa sikap seperti ini bukan tradisi kuno yang ketinggalan jaman, tetapi masih bisa diterapkan di era globalisasi. Terima kasih pak Joel.

  • Sahabat sekalian, terima kasih untuk komentar2nya, membuat saya ingin terus terusan sharing apa yang saya tahu dan miliki dengan para sahabat sekalian….

  • Ohh begitu ya Pak Joe, ternyata selama ini saya salah.
    Masukan yang bagus..dan segera saya terapkan…menunda kesenangan jangka pendek yang ga Penting…nice Info Thanks

  • enos agustinus

    setuju,tapi ini saya baru tau trima kasih pk joe ini menjadi pelajaran terbaik untuk saya dan masa depan keluarga saya tks.

  • ida

    secara alami saya sudah menerapkan “DELAYING GRATIFICATION” contohnya sampai saat ini saya msh tinggal di rumah BTN (blom renov)tipe 36, dan mempergunakan peralatan rumah tangga yg msh bisa dipakai walaupun sdh berusia puluhan tahun,meskipun saya sudah mampu membeli semunya.kenapa ?, selain agama saya mengajarkan utk tdk berlebihan, jugas punya alasan, karena saya punya mimpi ingin menjadi pemimpin utk” diri sendiri” dan saya bisa bermanfaat bagi orang lain

  • Kiki

    Saya teringat pepatah lama “berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” Sakit menahan kenikmatan, untuk meraih kebahagiaan di masa depan.
    Terima kasih Pa Joe…sangat memotivasi dan inspiratif sekali..
    Salam Sukses !

  • makasiiiiiiiiih banget bener bener kebuka pikiran ane, jadi ngerasa nyesel tapi memang gak mudah , dan sering tergoda

  • belum pak Joe, terimkasih atas motivasinya, kalau kulkas, tv, hp kami jadul bukan kaya pak joe tapi karena belum bisa mampu menggantinya, jadi nanti kalau sUATU SA’AT pecah telor dapat properti yang hotdeal, makasih pak joe.

  • luar biasa dan saya blm maksimal dalam menerapkan DELAYING GRATIFICATION.

  • luar biasa dan saya blm maksimal dalam menerapkan DELAYING GRATIFICATION.

  • Trima kasih Pa Joe (Mas Josep) krn telah berbagi pengalaman dgn rahasia hidup org kaya (SUKSES) dgn menerapkan prinsip DELAYING GRATIFICATION. Saya akui sy sendiri jg pernah mencoba tp mungkin krn sikon dan pribadi saya aja yg blom komitmen utk benar2 menjalankan prinsip hidup itu. Sekedar info aja (maaf mas Josep saya agak expose sedikit info) buat para pembaca bhw apa yg dikatakan Pa Joe itu benar-benar nyata dlm kehidupan keluarganya, krn sy dan abang saya pernah beberapa kali mampir kerumah mereka dan itu nyata bahwa apa yg dikatakan kehidupan keluarganya dgn perabotan yg sudah lama dan tua tp msh terawat dgn baik dan msh layak pakai, itu akhirnya membuktikan bahwa saat ini Pa Joe dan keluarga layak utk dikatakan org sukses dan benar2 menerapkan rahasia org sukses spt dipaparkan diatas. Bravo Pa Joe (mas Josep).

  • info yang sangat bagus & mendidik…..
    saat ini saya baru mulai menerapkan DELAYING GRATIFICATION.
    sukses pa joe jangan bosan berbagi dengan kita-kita tentang prinsip & ilmu yang positif & membangun.

  • suwarno

    tidak ada kata lain selain Luar Biasa ketika bisa menjalankan semua itu
    (prinsip DELAYING GRATIFICATION)

  • SEDERHANA. hidup dijalani, dunia dinikmati, harta dimanfaatkan, ilmu dibagi…… DAN BISNIS BEKERJA UNTUK KITA!

  • Hebat DELAYING GRATIFICATION…. Prakteknya perlu komitmen dan managmnt pribadi yang kuat. Inspirasinya saya bilang HEBAT Pak Joe. Tks. Salam Berkelimpahan

  • Johan

    Sudah menerapkan dari dulu…meskipun kadang kadang bobol juga…hehe…

  • Hero

    Kalau prinsip itu sih saya banget Pak Joe… belum mau ganti klo belum rusak…..

  • apit

    mantap

  • Hebat DELAYING GRATIFICATION…. Prakteknya perlu komitmen dan managmnt pribadi yang kuat. Inspirasinya saya bilang HEBAT Pak Joe. Tks. Salam Berkelimpahan

  • wow… dekat sekali dengan “QONA’AH” dan HASANAH FID-DUNYA WA HASANAH FIL-AKHIROH dalam Islam

  • Pingback: RAHASIA BESAR para orang “Kaya” | Moh. Helmi()

  • Hebat DELAYING GRATIFICATION…. Prakteknya perlu komitmen dan managmnt pribadi yang kuat. Inspirasinya saya bilang HEBAT Pak Joe. Tks. Salam Berkelimpahan

  • ellya

    wah perlu ganti statement nih
    yang dulu puasanya senen kamis sekarang harus makanya senen kamis
    dan dalam islam zikir/kehidupan itu is bekerja,beibadah,dan dakwah
    smgg bs menjd ORANG KAYA….AAMIIN

  • Hebat DELAYING GRATIFICATION…. Prakteknya perlu komitmen dan managmnt pribadi yang kuat. Inspirasinya saya bilang HEBAT Pak Joe. Tks. Salam Berkelimpahan

  • Kasdiman Sinaga

    Prinsip Delaying Gratification secara tidak sadar sudah saya praktekkan, jadi perlu pengembangan lagi agar menjadi benar-benar terintegrasi dalam kepribadian saya dan dalam keluarga saya. Televisi di rumah yang kami pakai sudah sejak tahun 1999 hingga sekarang. Tetapi belum semua barang diperlakukan dalam prinsip Delaying Gratification, misalnya kami tergoda juga untuk membeli lemari hias yang begitu besar. Sekarang saya sadari bahwa hal itu adalah mubajir. Kami juga merenovasi rumah dengan biaya besar, sementara belum memiliki bisnis properti yang memberikan passive income. Semoga saya dapat mengubah pola pikir saya dan mengajak keluarga saya untuk memiliki prinsip Delaying Gratification, yaitu menunda kesenangan sesaat untuk kebahagiaan dan keselamatan yang abadi. thanks a lot of, Mr. Joe

  • Arif Sudarma

    Oh my god it strength but it’s true, I almost never did, but what I did it just safe 49 or 50 percent from my earning.

  • Hebat DELAYING GRATIFICATION…. Prakteknya perlu komitmen dan managmnt pribadi yang kuat. Inspirasinya saya bilang HEBAT Pak Joe. Tks. Salam Berkelimpahan

  • bagus…. saya kebetulan sdh menjalankan prinsip delaying gratification…. tapi baru sekitar 8 bulan ini… mudah2an hasilnya akan segera terlihat… good motivation…..

  • bagus…. saya kebetulan sdh menjalankan prinsip delaying gratification…. tapi baru sekitar 8 bulan ini… mudah2an hasilnya akan segera terlihat… good motivation…..

  • Mantap Pak Joe…. sebenarnya tanpa disadari saya telah melakukan hal ini, cuma masih skala kecil.Saya terbangun sekarang dg artikel Pak Joe. Salam tambah kaya, tambah sukses.Txs.

  • bagus…. saya kebetulan sdh menjalankan prinsip delaying gratification…. tapi baru sekitar 8 bulan ini… mudah2an hasilnya akan segera terlihat… good motivation…..

  • bagus…. saya kebetulan sdh menjalankan prinsip delaying gratification…. tapi baru sekitar 8 bulan ini… mudah2an hasilnya akan segera terlihat… good motivation…..

  • ahmad sujai

    Alhamdu lillah…. Thanks Mr.Joe… Sy akan lebih upayakan lg delaying grativication… Guru dan Panutan sy jg (Nabi Muhammad SAW) mengajarkan begitu… Sekedarnya untuk diri dan keluarga,tp optimal untuk umat…

  • saefulloh

    Sangat membantu artikelnya, semoga Allah memberi balasan atas jasa anda. Aamiin

  • bagus…. saya kebetulan sdh menjalankan prinsip delaying gratification…. tapi baru sekitar 8 bulan ini… mudah2an hasilnya akan segera terlihat… good motivation…..

  • Mantap Pak Joe…. sebenarnya tanpa disadari saya telah melakukan hal ini, cuma masih skala kecil.Saya terbangun sekarang dg artikel Pak Joe. Salam tambah kaya, tambah sukses.Txs.

  • Effendi

    terimakasih pak joe…..mau saya terapkan….tapi… sementara ini tak ada yang bisa saya terapkan…..keadaan saya sekrang tak menentu……

  • Insyaalloh prinsip ini sudah aku jalani 2th yg lalu,saya hanyalah pekerja proyek bangunan,yang gaji rata-rata saya tiap minggu Alhamdulillah hanya 500rb,gaji yang lumayan kecil untuk keperluan hidup di kota Manado,kota dengan biaya hidup hampir 2x biaya hidup di Jawa.Namun setidaknya dalam sebulan aku masih bisa nyimpan 700rb,setelah kepotong kebutuhan sehari-hari dan aku kirim ke orang tua 1jt.hari-hari sudah bisa bersyukur bisa makan nasi dengan lauk krupuk dan mi rebus.,Bila dibandingkan teman yang lain gajinya 3jt tapi gaya hidupnya justru menghabiskan 3jt itu dan nambah utang lagi.

  • siap pak joe..mulai mengubah pola pikir saya
    mungkin saya harus menabung untuk mengikuti seminar bapak.saya semakin semangat untuk mengenal pola pikir pak joe…trimakasih

  • Mantap Pak Joe…. sebenarnya tanpa disadari saya telah melakukan hal ini, cuma masih skala kecil.Saya terbangun sekarang dg artikel Pak Joe. Salam tambah kaya, tambah sukses.Txs.

  • Mantap Pak Joe…. sebenarnya tanpa disadari saya telah melakukan hal ini, cuma masih skala kecil.Saya terbangun sekarang dg artikel Pak Joe. Salam tambah kaya, tambah sukses.Txs.

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • eva

    Terimakasih sharing kehidupan keluarga pak Joe ttg Delaying Gratification ini,bg saya memang ‘tidak mudah’, tapi harus diusahakan/dipraktekkan.

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • aman negoro

    Itulh yg menjadi persoalan, mulai nikah 2003 sampai skrg kami sekeluarga sudah terbiasa hidup royal, sehingga dapat saja duit agak berlebih sedikit selalu kami nikmati dan habiskan tanpa mikir utk besoknya, alhamdullillah hidup kami tidaklah kekurangan cukuplah untuk dinikmati, namun tidak ada kemajuan jalan ditempat.

    Sebenarnya saya suka hidup dengan tampilan sederhana, cuma kadang-kadang terpengaruh juga dengan gaya hidup sekarang, iklan, promosi sangat menghantui dan mempengaruhi kehidupan dan kami sering terjebak ke dalamnya.

    Dengan sharing p.joe ini menyadarkan kembali menunda kesenangan sementara untuk meraih kesenangan jangka panjang adalah hal yang harus dipraktekkan bila ingin hidup lebih baik.

    Terima kasih p.joe atas sharingnya, akan saya praktekkan kembali demi meraih impian yang jauh lebih baik.

  • akhmad atim

    terima kasih pak joe atas ceritanya,semoga saya bisa menerapkannya meskipun sangat berat.
    godaan di sekitar yg kadang membuat/melemahkan keinginan kuat kita
    Harussssssssssssssssss di coba

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • Delaying gratification….sebuah prinsip yang sangat bagus tp memang benar utk menerapkan prinsip tersebut kita harus siap mental dan itu tidak mudah….. tp akan aku coba, trima kasih pak Joe motifasinya…..

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • Alhamdullilah selama ini jauh sebelom tau prinsip ‘DELAYING GRATIFICATION’saya terbiasa sepeti itu,, namun semejak menikah justru prisip yg sya gunakan itu bertentangan dgn keluarga termasuk istri saya.kadang membuat kami byk bertengkar pda akhir nya saya juga yg mengalah krn tidak bsa meyakinkan keluarga..bagaimana mana pa cara menyamakan presepsi yg bertolak belakang, yg sudah terlaljur melekat lama di keluraga saya..thk.

  • Hebat , tapi sulit dipraktekkan , ya ya sangat super , pak joe , makasih , aamiin

  • mnurut sy ,kbutuhan primer adlh sgt wajar didahulukan,,spt byar spp/u.pangkal anak sekolah..kbutuhan akan makan dan minum..kbtuhan sandang ,,kbutuhan rumah,,,,klo mgk untuk brg2 electronik adalah kbutuhan sekunder atw tertier,,tapi notabene skrg kbutuhan alat telekomunikasi spt komputer internet dan cellphone sdh menjadi kbutuhan primer skrg ini dimana2 pada umumnya,,,apalagi kbutuhan papan/perumahan tempat tinggal keluarga kita,,,,,ttp yg tdk masuk akal bagi sy,,mngapa org pny pasif income sdh jlz 500jt lbh perbulan,,tapi rumahnya kost/kontrak,,,sedangkan asset perumahan property-nya sdh dimana2,,,,((( (spt ulazan anda di ataz,))),,,,,sgt tdak masuk di-akal, sehat,,,,,

  • Mantaf luar biasa, semoga saya bisa mempraktekannya tks bang joe

  • Saya SeVisi Dgn Anda Master. Mohon Do’akan Saya Agar Juga DAPAT+BISA SUKSES MULIA Seperti Anda Dan Kawan-Kawan Ya Master. Terima Kasih Yang Tak Terhingga Untuk Artikel-Artikel Kerennya. Salam Sukses!!! 🙂

  • Mantapsss

  • Supeerr

  • Yudi

    Terima kasih banyak motivasinya selama ini dan yg sekarang ini akan saya praktekkan, tetapi harus kasih pengertian jg istri dan anak karena harus punya pandangan yg sama……

  • Luar biasa, meraih kekayaan dan kesuksesan dengan mengorbankan kenginan sendiri, ilmu yang bermanfaat menuju orang2 sukses dan kaya…semoga saya juga bisa seperti itu aamiin

  • Menghindari zona nyaman. Itulah yang sudah cukup lama saya dapatkan dari beberapa pebisnis maupun motivator (yang notabene berlatar belakang pebisnis super sukses). Kurang lebih ini sama dengan prinsip “delaying gratification”-nya Pak JOE HARTANTO. Jelas, lumayan sulit menerapkannya (paling tidak bagi saya). Kendatipun, saya terlahir dari orang miskin. Akan tetapi, jelas pula, karena saya pun ingin mengubah nasib, saya harus mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga! Meski… butuh proses, ternyata. Terima kasih atas sharing pengalaman hidupnya yang sangat inspiratif Pak Joe.

  • Berpuasa dan lebaran kemudian, namun sy kira kalu pun cukup, ya juga kita nikmati beberapa keinginan dengan tetap ingat harus tidak dihabiskan sesaat pendapatan kita……..

  • roy

    great mr jo ,
    thank very much sudah berbagi kisah hidup anda yg sangat menginspirasi,dan itu akan menjadi langkah awal saya untuk mencontoh dengan bertahap apa yg seperti anda kisahkan .
    .

  • Andi Temmu

    Saya teringat ketika baru memulai usaha membangun beberapa rumah untuk dijual; ketika itu saya hanya beli sebuah sepeda motor untuk saya jadikan kendaraan dengan beberapa alasan seperti: kemacetan lalu lintas jika memakai mobil dan biaya operasional yang mahal. Namun mertua saya mencelah saya, katanya kok saya bodoh sekali mau pakai sepeda motor padahal saya bisa beli sebuah mobil secara cash(maaf saya tidak bermaksud menyombongkan diri. Mendengar komentar itu, saya hanya tersenyum dan menjelaskan bahwa saya baru memulai usaha dan belum ada hasil sehingga tidak mau jor-joran dalam pengeluaran, lagipula saya sangat menyenangi naik motor dengan kondisi macet, toh dulunya waktu sekolah saya juga cuma naik motor.

  • Joe Hartanto

    semuanya perlu proses pak, tidak terjadi begitu saja, maka sebagai langkah awal untuk pelajari tentang investasi properti, dapatkan materi Gratis berupa pdf dan video, silahkan download di http://propertycashmachine.com/

  • Joe Hartanto

    untuk dapatkan ilmu yang sangat luar biasa ini, silahkan klik http://propertycashmachine.com/

  • saya usahakan ya pak. lumayan berat tuh pakj. heheh

  • saya usahakan ya pak. lumayan berat tuh pakj. heheh

  • saya usahakan ya pak. lumayan berat tuh pakj. heheh

  • saya usahakan ya pak. lumayan berat tuh pakj. heheh

  • saya usahakan ya pak. lumayan berat tuh pakj. heheh

  • Mashuri

    Luar biasa. Sangat menginspirasi.terima kasih banyak pak joe n team..semoga kami bisa menerapkannya untuk masa depan lebih baik

  • Ini prinsip yang selalu diajarkan orang tua saya. Yang beberapa tahun terakhir ini agak saya lupakan. Belakangan ini saya boros sekali demi memenuhi gaya hidup modern dan sekedar mengikuti trend. Mulai sekarang saya akan bertekad menerapkannya lagi. Menunda kesenangan sementara untuk masa depan.

  • agusta rosariana

    Salah satu nilai yg diterapkan oleh bapak saya adalah bahwa buku, pendidikan adalah yg lebih utama. Bapak banyak berhutang hanya untuk membeli buku2 sekolah..dimana saat itu teman2 sy yang orang tuanya jauh lebih berkecukupan tidak mau membeli buku sekolah untuk anak2nya..ketika kami beranjak dewasa..kami lebih memilih mengunjungi pasar loak buku daripada tempat lain. Kami sering merasa bahwa membeli baju yang harganya di atas 50 ribu itu sudah terlalu mahal, namun kami dengan ringan hati menggesek kartu untuk beli buku beratus ribu..hal inilah yang membuat kami seperti sekarang..kami merasa sangat bersyukur dengan kondisi kami sekarang..bahwa itu adalah akibat dr masa lalu yang kami lebih memilih untuk berinvestasi dalam pendidikan..buku adalah harta karun kami..ow im reading PCM, cant wait to learn from Pak Joe, apply, earn more, help more people to be able to open their world..thank you