Rahasia Para Negosiator Ulung (Lunch dengan Dolf De Ross)

Bagi Anda yang pembelajar, hobi baca buku dan tertarik dengan investasi di properti, tentunya mendengar nama seorang yang satu ini tidak akan asing lagi. Beliau adalah salah satu master dan guru terbaik di bidang investasi properti di dunia.

Beliau adalah Dolf de Roos Ph.D yang merupakan penulis salah satu buku terbaik di investasi properti yaitu Real Estate Riches yang pernah diterjemahkan dan diterbitkan oleh penerbit terbesar di Indonesia.

Untuk Anda yang sudah membaca buku Property CASH Machine, bila Anda perhatikan di bagian belakangnya, ada disebutkan buku “Real Estate Riches” karya Dolf de Ross ini juga menjadi salah satu buku yang disarankan untuk jadi referensi pembelajaran Anda.

Beliau juga merupakan salah satu team dari Rich’s Dad Advisor nya Robert T. Kiyosaki. 

Selain sebagai investor properti berskala internasional dan penulis buku buku best seller, beliau juga sering membagikan pengalaman serta pengetahuannya dalam berinvestasi properti melalui seminar dan kelas khusus di berbagai penjuru dunia.

Beberapa minggu lalu, saat beliau kebetulan kembali berkunjung ke Indonesia. Saya dan istri berkesempatan untuk menjemput beliau untuk makan siang bersama, serta berdiskusi banyak hal.

Baik mengenai dunia investasi properti, pandangan beliau terhadap masa depan Indonesia, bahkan sampai ilmu parenting serta NLP praktis yang dicontohkannya langsung saat beliau berbicara dan ngobrol dengan anak kami Nadya yang sudah beranjak remaja.

Banyak sekali pembelajaran dan inspirasi berharga yang kami dapatkan dari Dolf, baik saat makan siang maupun sepanjang perjalanan menuju dan dari tempat makan siang kembali ke hotelnya. Sebuah kesempatan yang langka dan tidak mudah terjadi.

Bahkan saat salah seorang teman kami tahu dari postingan foto kami di sosial media, bahwa kami baru saja makan siang bersama Dolf,  langsung mengirimkan pesan singkat pribadi yang kurang lebih isinya :

“Wah bagaimana caranya kamu bisa makan siang santai dan private bersama Dolf?  Malah bisa bareng anak juga, hebat bener! 🙂

Kamu tahu gak salah satu mentor saya beberapa tahun lalu untuk bisa makan satu meja dengan Dolf, itupun bukan private lunch or dinner, tapi ramai ramai dengan beberapa orang lainnya, harus bayar lebih dari 30 juta rupiah per orangnya.

Emang kamu bayar berapa untuk itu?? Pasti mahal banget yaaaa???”

Dan kami hanya jawab sambil senyum dan bercanda “Mau tahu aja atau mau tahu bingiiiits???” Hehehehe……

Shhhhh…..Teman kami ini tidak tahu, bahwa kami bukan saja tidak perlu membayar sepeserpun untuk bisa dapat waktu private makan siang bersama Dolf, malah kami juga diberi gratissss 2 buah buku karya Dolf yang di tanda-tangani langsung (padahal kami sudah memiliki buku buku tersebut).

 

Bahkan, 6 bulan sebelumnya, saat Dolf juga berkunjung ke Jakarta, saat itu baru kali pertama kami berkenalan dan bertemu muka dengannya, keesokannya kami sudah bisa mendapatkan waktu untuk mengajak Dolf survei salah satu aset properti kami.

Sekaligus kami juga mendapat pandangan serta saran-saran dari beliau atas aset tersebut serta pandangan beliau untuk strategi pengembangan investasi properti kami ke depan dan tentunya juga makan siang bersama Dolf, tanpa kami harus keluar uang sepeserpun.

Tentunya Anda sekarang juga ikut penasaran, apa yang bisa membuat seorang sekelas Dolf, bisa menjalin pertemanan dengan kami, berdiskusi pribadi, makan bareng, sampai mau diajak keliling meninjau dan memberi saran saran atas aset properti kami, tanpa kami harus membayar sepeserpun??

Padahal kami baru saja bertemu dan kenal langsung sehari sebelumnya dalam pertemuan yang sangat sangat singkat, sementara orang-orang lain yang kenal jauh lebih dulu dengan beliaupun belum tentu bisa makan pribadi dan ngajak Dolf keliling keliling.

Hmmmmm kasih tahu gak ya…. ?

Sebagian dari Anda tentu pernah dengar sebuah petuah bijak:

Give and You Shall Receive” atau berilah lebih dulu, maka kamu akan menerima kemudian”

Rumusan ini sebenarnya adalah salah satu jurus rahasia para negosiator ulung dan juga salah satu dari berbagai jurus negosiasi lainnya, yang biasanya diajarkan dalam sesi khusus tentang negosiasi di workshop PropertyCASHMachine.

Petuah bijak ini juga sangat erat korelasi-nya dengan rumusan menemukan properti hot deal CAHATILOKODOK yang ada di buku “Property CASH Machine”.

Jadi begini, saat Anda bertemu seseorang dan Anda ingin bisa berteman baik, mendapatkan kepercayaannya dan manfaat yang optimal dari hubungan tersebut, maka Anda harus bisa melihat kesempatan untuk bisa terlebih dahulu memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh orang tersebut saat itu. Baik itu berupa saran, solusi ataupun kebutuhan lainnya.

Anda harus bisa bedakan dengan ungkapan “Take & Give” yang ada di masyarakat pada umumnya lho ya. Bukan seperti itu, kalau terbalik prakteknya ya jadi Take & Give, maka rumusannya tidak akan jalan.

Dalam sebuah hubungan, yang bisa terjalin dengan baik, yang terjadi adalah:

“Give and then you shall receive… Beri dulu dengan tulus, maka kamu akan menerima kemudian…. “

Sebuah petuah atau nasihat lama yang sebenarnya sudah sejak kecil selalu diajarkan oleh almarhum ayah saya saat beliau masih hidup.

Di saat Anda berhasil melakukannya, maka bisa dipastikan, Anda sudah berhasil mendapatkan simpati dari relasi Anda dan mendapatkan kepercayaan lebih daripada yang lain.

Kabar gembiranya rumusan atau jurus ini berlaku dalam hal hal lainnya, termasuk ketika Anda bertransaksi dan bernegosiasi dengan penjual properti, pihak bank, mitra investor atau bahkan membina relasi dengan suami, istri atau anak Anda sekalipun.

Saat Anda sudah menjalin komunikasi dengan baik, mendapat kepercayaan lebih dari seseorang, maka biasanya hukum timbal balik akan berlaku, orang tersebut akan sulit menolak atau bahkan malah berusaha memenuhi juga kebutuhan Anda.

Tapi INGAT, bahwa sebuah hubungan hanya akan bisa berlangsung langgeng dan semakin kuat, apabila hubungannya bersifat WIN WIN.

Karena kalau WIN LOSE, maka pada akhirnya salah satu yang merasa dirugikan atau dimanfaatkan akan mundur dengan teratur.

So tentunya sekarang Anda sudah bisa menduga apa yang mengawali dan mendasari pertemanan kami dengan Dolf.

Ya, intinya saat itu, kami menemukan sebuah kesempatan untuk membantu salah satu masalah kecil yang sedang Dolf hadapi dan kami berhasil bantu untuk temukan solusinya sehingga akhirnya kami bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari Dolf dan berlanjut dengan pertemanan akrab kami sampai sekarang.

Semoga sharing tentang hubungan pertemanan kami dengan Dolf de Ross bisa menginspirasi Anda dalam membangun hubungan dengan relasi Anda dan juga dalam perjalanan Anda mewujudkan kebebasan keuangan.

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto

Founder of TheKeytoFinancialFreedom.com
Founder of PropertyCASHMachine.com

Tingkatkan WEALTH Mindset Anda dan Memulai Investasi Properti yang Cerdas dengan Property Cash Machine E-Learning.

Raih Kebebasan Keuangan dan Waktu melalui Investasi Properti Tanpa Modal dengan ikuti sesi training & konsultasi di Workshop Property Cash Machine.

  • Agung

    Luar biasa pasangan Mentor saya ini, dua jempol. Salam pak Joe dan bu Wei-wei 🙂

  • Arulkediri

    Sangat inspiratif….
    Dan ilmu negosiator yang mantap!